18 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

5 model rambut sebahu, pas buat Wanita Sukabumi rayakan Lebaran

sukabumiheadline.com - Tren dalam industri fesyen tak...

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

Mini Biografi: Ujang Hasbulloh, Anak Madrasah di Sukabumi Langganan Medali Emas

OlahragaMini Biografi: Ujang Hasbulloh, Anak Madrasah di Sukabumi Langganan Medali Emas

SUKABUMIHEASLINE.com l SURADE – Jawa Barat meraih posisi puncak perolehan medali dan pesta olah raga 4 tahunan, Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua 2021. Total Raihan medali kontingen Jawa Barat, adalah 133 medali emas, 105 perak, dan 118 perunggu.

Salah satu penyumbang medali emas untuk kontingen Jawa Barat adalah adalah atlet asal Kabupaten Sukabumi, Ujang Hasbulloh, melalui cabang olah raga (cabor) dayung.

Ayah satu anak itu kini tercatat berdomisili di Kampung Cibolang, Desa Jayabakti, Kelurahan/Kecamatan Surade.

Kepada sukabumiheadline.com, Ahad (10/10/21) lalu, Ujang menjelaskan, di babak final, ia turun di nomor Rowin di nomor M8+, bersaing ketat dengan atlet-atlet provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Sumatera Barat, di Teluk Yotefa, Kota Jayapura.

Medali emas PON XX Papua, bukanlah yang pertama diraih Ujang. Nyaris di semua level pesta olah raga, ia selalu sukses meraih emas. Dari mulai Pekan Olah Raga Kabupaten, Pekan Olah Raga Provinsi, PON, Sea Games, hingga Asian Games.

Di level Asia, Ujang Hasbulloh berhasil meraih medali emas dari cabang olah raga dayung (rowing) Asian Games Jakarta-Palembang 2018 yang digelar di Palembang, Jumat (24/8/2018) silam.

Medali emas itu diperoleh bersama delapan anggota tim dayung pada nomor 2.000 meter beregu putra. Tim dayung Indonesia berhasil masuk finish dalam waktu tercepat 6:08:88 menggungguli Uzbekistan dan Hongkong.

Medali emas ini diraih Ujang bersama Tanzil Hadid, Muhad Yakin, Rio Rizki Darmawan, Jefri Ardianto, Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram dan Ardi Isadi dalam pertandingan yang digelar di JSC Lake.

”Ini medali emas yang saya dapat merupakan untuk pertama kalinya, dan tingkat Asia. Saya sangat bangga sekali,” ungkap Ujang, dikutip dari kompas.com, Jumat (31/8/2018).

Masa Kecil Ujang Hasbulloh Hingga Lulus Kuliah

Ujang lahir di Sukabumi, 11 Mei 1995, dari pasangan yang berprofesi sebagai petani, Sopudin (65) dengan Saliyah (60) warga Kampung Sukasirna RT 05/10, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade.

Ujang menghabiskan masa kecil di kampung halamannya. Kemudian, ia melanjutkan studi Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Guru SD (PGSD) Pendidikan Jasmani pada 2014.

Sebelum menginjak bangku kuliah, Ujang Hasbulloh merupakan alumni Madrasah Aliyah Negeri 3 (MAN 3) Sukabumi. Diakui Ujang, olah raga yang digelutinya kini tidak lepas dari dukungan pihak MAN 3 yang memberinya banyak kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Ujang sendiri kuliah di UPI berkat beasiswa yang ia dapatkan. Di UPI, Ujang menggeluti olahraga dayung bersama rekannya di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UPI. Berbagai kejuaraan diikutinya, baik dalam atau luar negeri. Selain itu, Ujang juga pernah ikut membela tim Jawa Barat pada Kejurnas Dayung di Palembang pada 2017.

Diakui ayahnya, Ujang terlahir dengan bakat menjadi atlet. Berbagai cabang olah raga pernah ia coba. Menurut sang Sopudin, anaknya itu memiliki bakat bermain sepakbola. Selain sepakbola, di kampusnya, Ujang juga menggeluti polo air.

Selama kuliah, Ujang kerap ikut dalam event-event olah raga, tak hanya menjadi atlet. Pada tahun 2016, Ujang ditunjuk panitia PON Jawa Barat menjadi pemandu tim dayung Kalimantan Selatan. Semenjak itulah Ujang tertarik dan fokus menggeluti cabor dayung.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer