26.8 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Pemicu Perang Bubat dan Perselisihan Sunda-Jawa, Kecantikan Dyah Pitaloka Citraresmi Disebut Cocok Jadi Artis

Gaya hidupPemicu Perang Bubat dan Perselisihan Sunda-Jawa, Kecantikan Dyah Pitaloka Citraresmi Disebut Cocok Jadi Artis

sukabumiheadline.com l Bagi sebagian besar masyarakat Sunda, nama Dyah Pitaloka Citraresmi tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Seperti dikutip dari laman p2kp.stiki.ac.id, gadis cantik ini merupakan putri Kerajaan Sunda Galuh yang terkenal pada masanya.

Dyah Pitaloka Citraresmi atau Citra Rashmi adalah seorang putri raja yang bernama Mahaparabu Linggabuana. Ia lahir pada 1340 dan wafat 4 September 1357 dan dimakamkan di Astana Gede, Situs Kerajaan Galuh.

Kecantikannya Dyah Pitaloka yang terkenal saat itu membuat Raja Majapahit Hayam Wuruk berhasrat untuk menjadikannya sebagai permaisuri.

Mengetahui keinginan Raja Majapahit tersebut, Raja Sunda Prabu Maharaja Linggabuana berniat mengikat persekutuan dengan Kerajaan Majapahit yang besar dan jaya.

Raja Sunda kemudian mengantar langsung putrinya ke Majapahit untuk dinikahkan dengan Hayam Wuruk.

Sesampainya Dyah Pitaloka di istana Kerajaan Majapahit bersama sang ayah dan beberapa prajurit, Patih Gajah Mada justru tidak memberi izin untuk masuk. Rombongan tersebut akhirnya berkemah di sebuah lembah bernama Bubat.

Namun, kesalahpahaman antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Sunda membuat pernikahan tersebut urung dilaksanakan.

Alih-alih melangsungkan pernikahan, Patih Gajah Mada justru melarang Raja Hayam Wuruk untuk mendatangi Bubat.

Ia dan pasukannya menawarkan diri untuk berangkat menemui Raja Sunda Linggabuana dan meminta agar Dyah Pitaloka diserahkan sebagai tanda penaklukkan Kerajaan Sunda kepada Majapahit.

Hal itu yang akhirnya membuat Raja Sunda Linggabuana marah hingga akhirnya terjadi pertumpahan darah. Dyah Pitaloka, sang ayah, dan sebagian besar prajurit meninggal dunia di Bubat pada waktu itu.

Raja Sunda yang merasa dipermalukan akhirnya menyatakan perang dan terjadilah pertumpahan darah yang dikenal dengan perang bubat. Raja Sunda yang juga merupakan ayah dari Dyah Pitaloka Citraresmi meninggal dunia pada peperangan itu.

Menolak untuk dijadikan selir dan diperbudak, Dyah Pitaloka Citraresmi kemudian memilih mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Raja Majapahit, dikabarkan murka kepada Gajah Mada hingga kemudian sang Mahapatih mengasingkan diri. Bahkan diceritakan, Hayam Wuruk sejak saat itu lebih sering sakit-sakitan.

Sementara, di tanah Pasundan, raja Sunda berikutnya mengharamkan semua warganya menikah dengan penduduk Jawa. Kisah perang Bubat dan larangan menikah Sunda dengan Jawa ini kemudian diceritakan secara turun temurun.

Wajah Dyah Pitaloka Citraresmi

Potret paras cantik Dyah Pitaloka versi AI atau Artificial Intelligence tengah viral di media sosial. Wajah sang ratu disebut-sebut begitu menawan hingga banyak mendulang pujian dari warganet.

Beberapa waktu lalu, sebuah akun TikTok mengunggah potret wajah Dyah Pitaloka dari sebuah patung. Patung yang diklaim merupakan perwujudan seorang ratu itu hidup di tahun 1340 hingga 1357.

Mulanya, teknologi AI mengambil bagian utama dari wajah patung tersebut, yakni alis, dahi, mata, hidung, bibir, dan dagu. Kemudian, muncul sosok wanita dengan paras yang sangat cantik mengenakan mahkota dari emas.

Setelah sempurna menjadi sebuah gambar wajah seorang wanita, teknologi AI juga mengubahnya seolah-olah nampak hidup. Kedua bola mata wanita tersebut berkedip, bibirnya tersenyum, dan wajahnya bergerak.

Aku meminta AI untuk menghambarkan wajah Dyah Pitaloka Citraresmi berdasarkan patung Nyai Ambatkasih,” tulis akun TikTok @ainusantara, dikutip sukabumiheadline.com pada Kamis (2/3/2023).

Unggahan tersebut mendulang beragam komentar positif dari warganet. Banyak yang memuji kecantikan wanita dalam video tersebut yang diduga merupakan perwujudan Ratu Dyah Pitaloka.

Pantes aja Raja Majapahit jatuh cinta,” tulis salah seorang warganet.

Cocok jadi artis… kalau jaman skrg pasti udh jadi seleb terkenal,” imbuh warganet lainnya.

Kalau jadi sama Raja Hayamwuruk nggak tau anaknya bakal secakep apa,” timpal warganet lain.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer