22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Profil Irpan, Pevoli asal Sukabumi Bawa Timnas Raih Medali Emas SEA Games Vietnam

OlahragaProfil Irpan, Pevoli asal Sukabumi Bawa Timnas Raih Medali Emas SEA Games Vietnam

sukabumiheadline.com l Hari ini, Ahad (22/5/2022), sosok Irpan banyak diperbincangkan warga Sukabumi, khususnya penyuka olah raga bola voli.

Bagaimana tidak, pemain Tim Nasional (Timnas) Voli Putra yang berposisi Libero, itu sukses mengantar tim Merah Putih meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam.

Di partai Final Voli Putra SEA Games 2021, Timnas Indonesia memastikan meraih medali emas usai mengalahkan tuan rumah Vietnam di Hoa Binh Gymnastic and Sport Center, Ahad (22/5/2022) sore.

Irpan dan kawan-kawan tampil luar biasa hingga mampu menang dengan skor 3-0. Pada set pertama dengan skor 25-22, 25-18 dan 25-15.

Profil Irpan

Sosok Irpan dikenal sebagai anak kampung di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tapi berhasil menembus persaingan di klub level kompetisi kasta tertinggi Proliga. Bahkan, ia dipanggil untuk mengisi skuad Timnas Voli Putra SEA Games 2021.

Sebagai libero, Irpan merupakan salah seorang dari 14 pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan nasional multievent dua tahunan terakbar regional ASEAN yang digelar 12-23 Mei itu.

Bakat Irpan dalam bermain bola voli tak datang begitu saja. Pemain kelahiran Sukabumi, 12 Februari 1997 ini, awalnya memilih olahraga sepak takraw sebagai ekstrakurikuler saat duduk di kelas 1 SMP Negeri 6 Sukabumi.

Namun, karena pertandingan untuk sepak takraw jarang, Irpan lantas memutuskan pindah ke cabor voli di tahun berikutnya.

“Awalnya susah untuk adaptasi. Tapi berkat ketekunan dan kerja keras alhamdulillah bisa teratasi,” kata Irpan.

Berkat ketekunannya, tak butuh waktu lama bagi Irpan untuk menjadi andalan di sekolahnya dan kerap menjadi pemain terbaik. Kepiawaiannya bermain voli itu juga yang membuatnya diganjar beasiswa oleh MAN 1 Sukabumi.

Sebab, kondisi itu juga yang membuat dia semakin berkerja keras. Bagaimana pun, setelah menamatkan sekolah tingkat atas, Irpan ditawari menjadi staf TU (Tata Usaha) di sekolahnya, sambil kuliah.

Meskipun sudah bekerja sambil kuliah, tak jarang Irpan mendapat panggilan sebagai pemain voli di turnamen antarkampung. Hal itu dia lakukan untuk mendapat tambahan pemasukannya.

“Jadi bukan masuk klub, tapi panggilan (main) begitu. Penghasilan Tarkam lumayan satu kali main 500 ribu sampai Rp1,5 – Rp2 juta,” ungkap dia.

Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, Irpan sempat diminta untuk memperkuat tim Bogor. Saat itu, tim Bogor melakukan sparring melawan tim LavAni. Setelah laga itu lah, ia kemudian ditawari untuk menjalani karier sebagai pemain tim Bogor LavAni, yang kebetulan menjadi tim debutan di Proliga 2022.

Hebatnya, Irpan sukses mengantarkan Bogor LavAni menjadi juara Proliga, sekaligus menjadikannya sebagai Best Libero Proliga 2022. Kini, kariernya melesat hingga akhirnya ia dipanggil untuk memperkuat Timnas voli di SEA Games.

Kini, Irpan berharap prestasinya terus meningkat, terutama di SEA Games nanti. “Deg-degan (main di SEA Games) cuma lebih ke motivasi ingin menunjukkan ke ajang lebih tinggi. Kalau juara SEA Games kan bisa main di Asian Gamea juga,” ujarnya.

Biodata Irpan:

Nama : Irpan

Klub : Bogor LavAni

Lahir : Sukabumi, 12 Februari 1997

Tinggi Badan: 174 cm

Posisi: Libero

Block: 280

Spike: 290

Akun Instagram: @irpan___12

Alamat: Kampung Cijulang, Desa Bojongsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Prestasi:

Juara Walikota Cup Sukabumi 2019, Juara AHY Cup 2020, Libero terbaik AHY Cup 2020, Juara SBY Cup Pacitan 2020, Juara LavAni Cup 2020, Juara Proliga 2022, Libero Terbaik Proliga 2022.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer