22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Sedekah Bersama Mekanik Indonesia rutin salurkan belasan juta Rupiah, termasuk 40 yatim di Sukabumi

KomunitasSedekah Bersama Mekanik Indonesia rutin salurkan belasan juta Rupiah, termasuk 40 yatim di Sukabumi

sukabumiheadline.com – Jelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024, program Sedekah Bersama Mekanik Indonesia atau SBMI kembali menyalurkan donasi uang sebesar belasan juta Rupiah.

Informasi diperoleh, gerakan yang diinisiasi mekanik dan pemilik bengkel kendaraan tersebut, rutin diadakan sebulan sekali di seluruh Indonesia. Namun, untuk April 2024, gerakan tersebut terasa lebih bermakna. Selain digelar di bulan yang penuh berkah, Ramadhan, juga menjelang Lebaran.

“Kegiatan ini rutin. Semacam penyaluran sedekah kepada sebanyak 23 yatim yang ada dalam database kami, nilainya sebesar 200 ribu Rupiah per anak,” kata salah seorang pegiat komunitas tersebut, Ricky kepada sukabuniheadline.com, Ahad (7/42024).

“Namun untuk April 2024, karena menjelang Lebaran, sedekah SBMI menganggarkan 500 ribu Rupiah per yatim, sehingga total sebesar 15 juta Rupiah tersalurkan,” tambah pemilik bengkel asal Cidahu, Kabupaten Sukabumi itu.

Sedekah kepada yang terdekat 

Ditambahkan Ricky, gerakan SBMI tersebut dilakukan oleh semua pegiat komunitas di seluruh Indonesia. Bantuan dan donasi diberikan kepada keluarga mekanik lainnya yang membutuhkan di daerahnya masing-masing.

“Termasuk kepada keluarga rekan kami di daerah Grobogan, Jawa Tengah, yang mana suaminya, sesama mekanik, meninggal dunia akibat kecelakaan,” paparnya.

“Donasi diberikan awal April tahun ini kepada istri almarhum, Mariah Nurmawati oleh rekan kami di sana, saudara Inang,” imbuh Ricky.

Sementara pegiat lainnya, Istiyono sangat mengapresiasi kegiatan sosial melalui Sedekah Bersama Mekanik Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan kami ucapkan terimakasih kepada seluruh rekan mekanik di Indonesia yang telah berpartisipasi dalam program ini. Semoga berkah untuk rejeki usaha bengkelnya. Kami juga mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir bathin,” kata pria yang biasa dipanggil Aris Amro itu.

Untuk informasi, SBMI memiliki jaringan di seluruh Indonesia, hal itu bisa dilihat dari susunan pengurus yang terdiri dari para mekanik dari berbagai daerah.

Dari wilayah Sukabumi, misalnya, ada nama Ricky asal Cidahu dan Tommy Gultom asal Parungkuda. Kemudian, Aris Amro (Bogor), Anadza Kurniawan dan Heri dari Banjarnegara dan PGO Teguh di Kudus, Jawa Tengah, dan Andi Jeweh di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Semuanya aktif, di seluruh Indonesia. Ada di Pulau Kalimantan, Sumatera sampai Sulawesi, dan banyak lagi,” timpal Tommy Gultom yang juga sebagai Admin media sosial milik komunitas.

Ucapan terimakasih dari penerima

Mendapatkan santunan dari program SBMI, istri dari almarhum Imron, Mariah Nurmawati, mengucapkan rasa syukurnya karena sepeninggal suaminya, kini bengkel telah tutup karena tidak ada yang melanjutkan usaha Kasim.

“Saya ucapkan terimakasih atas santunan yang diberikan, karena sepeninggal suami memilih jadi pekerja migran di Timur Tengah. Untuk bengkel, karena tidak ada yang melanjutkan, sekarang bengkel milik almarhum ditutup,” kata ibu dua anak itu.

Sementara, santunan SBMI untuk wilayah Kabupaten Sukabumi, diterima oleh Agus yang merupakan wali yatim bernama Zaki. Santunan diserahkan di Majelis At Ittihad, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda.

Berbagi dengan 40 yatim di Sukabumi 

Sementara, untuk wilayah Sukabumi, Jawa Barat, kegiatan santunan dilakukan oleh Forum Mekanik Bersatu (FMB) dan dipusatkan di Kantor Polsek Cibadak, Polres Sukabumi, pada Ahad (31/3/2024) sore.

Pemberian santunan kepada 40 yatim di Kantor Polsek Cibadak. - Tommy Gultom
Pemberian santunan kepada 40 yatim di Kantor Polsek Cibadak. – Tommy Gultom

Sebanyak 40 anak yatim dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sukabumi menerima santunan dari FMB.

“Selain menyalurkan santunan, FMB juga melakukan aksi berbagi takjil gratis kepada para pengendara yang melintas. Aksi dilakukan di depan Ramayana Mal Cibadak, Ahad petang,” kata Ketua FMB, Dudi Setya Nugraha.

“Semua data kegiatan setiap bulan kami publikasikan di media sosial Facebook SBMI,” timpal Tommy Gultom.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer