22.8 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Pria tewas tersambar petir saat main handphone ternyata ASN Pemkab Sukabumi

sukabumiheadline.com - Korban tewas dalam insiden tersambar...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Belasan pemotor pengguna knalpot bising diamankan Satlantas Polres Sukabumi

sukabumiheadline.com - Belasan pengendara sepeda motor yang...

Selamat Datang Kabupaten Sukabumi Utara

NasionalSelamat Datang Kabupaten Sukabumi Utara

sukabumiheadline.com l Sebanyak 9 kabupaten di Provinsi Jawa Barat bakal melakukan pemekaran. Pemekaran dilakukan untuk melakukan pemerataan pembangunan di Jawa Barat (Jabar).

Menurut Wakil Ketua DPRD Jabar Ahmad Ruyat, jika dibandingkan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, Tatar Pasundan memiliki beban yang lebih berat.

“Jabar merupakan provinsi yang cukup tua hampir 50 juta penduduk, 27 kabupaten dan kota. Sementara Jawa Tengah 39 juta penduduk, 35 kabupaten/kota. Jawa timur 40 juta penduduk dan 38 kabupaten/kota,” kata Ahmad Ruyat, Jumat (8/12/2023) lalu

Tak hanya jumlah kota dan kabupaten yang lebih banyak, bahkan di Jateng jumlah desa melebihi desa yang ada di Jawa Barat. Padahal, dari sisi jumlah penduduk, Jabar jauh lebih banyak.

“Desa di Jabar itu memiliki 5.312 desa. Sementara di Jateng 8.000-an desa, sehingga tentu menjadi skala prioritas kepemimpinan masa kini untuk membentuk pemekaran,” jelasnya.

Kabupaten di Jawa Barat yang akan Dimekarkan 

Menurutnya, usulan pemekaran bukan hadir dari Pemprov Jabar saja. Namun pemerintah daerah tingkat kota/kabupaten juga mengusulkan untuk melakukan pemekaran.

Seperti diketahui, daerah yang akan dimekarkan, antara lain adalah Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Sukabumi Utara.

Peta Kabupaten Sukabumi. l Istimewa
Peta Kabupaten Sukabumi. l Istimewa

Diberitakan sukabumiheadline.com sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah memberikan usulan terpaut pemekaran daerah. Pemekaran daerah Jawa Barat pula telah disetujui oleh DPRD Jabar. Pemerintah serta DPRD Jabar sudah menyetujui dengan usulan 3 Calon Wilayah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Baca lengkap: Segera Disahkan, Penantian Panjang DOB Kabupaten Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi Utara kini bukan lagi wacana. Pasalnya, Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) hasil pemekaran dari Kabupaten Sukabumi itu tinggal ketok palu.

Seperti diketahui, Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali, dan terluas Provinsi Jawa Barat. Adapun, luas Kabupaten Sukabumi mencapai 4.145 kilometer persegi, dan ada 47 kecamatan serta 386 desa dan kelurahan.

Karenanya, desakan muncul bukan hanya dari warga Sukabumi, tetapi juga dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat. Baca lengkap: Membanding Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah Sukabumi dan Sukabumi Utara

Selain Sukabumi Utara, juga ada Bogor Barat dan Bogor Timur, Garut Selatan, Indramayu Barat, Tasik Selatan, Subang Utara, dan daerah lainnya.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer