22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Suntik Mati PLTU Palabuhanratu Sukabumi Dibahas Pemerintah

EkonomiSuntik Mati PLTU Palabuhanratu Sukabumi Dibahas Pemerintah

sukabumiheadline.com l Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan masih melakukan kajian terkait rencana penghentian operasional sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) alias pensiun dini.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan saat ini pihaknya masih terus berdiskusi dengan PT PLN (Persero) mengenai rencana pensiun dini PLTU pertama tersebut. Setidaknya terdapat dua calon PLTU yang masuk dalam program pensiun dini, keduanya yakni PLTU Pelabuhan Ratu dan PLTU Cirebon-1.

“Ya ini kan list-nya ada Cirebon dan Pelabuhan Ratu, ini kita masih bahas lagi dengan PLN,” kata Dadan di gedung Kementerian ESDM, dikutip Senin (16/10/2023).

Sementara, Deputi Koordinator Bidang Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin sebelumnya mengatakan pihaknya telah menyiapkan 1-2 proyek PLTU untuk dipensiunkan.

“Saat ini sudah ada beberapa proyek yang dikaji oleh teman-teman dan ada beberapa kandidat yang di-propose untuk lakukan ETM (Energy Transition Mechanism). Kita dapat support lembaga internasional ADB (Asian Development Bank), kemudian dari INA, juga pemerintah juga melihat ini ada 1-2 proyek yang kita dorong dalam waktu dekat,” ujarnya dilansir cnbcindonesia.com, Selasa (22/8/2023).

Rachmat juga mengungkapkan masih ada biaya yang harus dikeluarkan Indonesia untuk memensiunkan PLTU karena menghapus PLTU artinya akan menghapus investasi tersebut dari buku investasi pemerintah.

“Tapi di satu sisi, ini juga ada biaya, intinya kita harus menghapus buku investasi di pemerintah bentuknya apakah biayanya dapat support negara-negara yang janjikan untuk mendukung atau bentuk pinjaman,” jelas Rahmat.

Untuk informasi, PLTU Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berlokasi di Jl. Cipatuguran, Pelabuhanratu, Kecamatan Pelabuhanratu.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer