20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

Tiga di Sukabumi dan Ada Al Zaytun, 5+10 Ponpes Terbaik di Jawa Barat

KhazanahTiga di Sukabumi dan Ada Al Zaytun, 5+10 Ponpes Terbaik di Jawa Barat

sukabumiheadline.com l Provinsi Jawa Barat memiliki sedikitnya 8.000 pondok pesantren (Ponpes) yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota.

Sedangkan Sukabumi, merupakan salah satu daerah yang banyak terdapat pondok pesantren (Ponpes). Dari mulai ponpes tradisional hingga modern tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada, baik Kota maupun Kabupaten Sukabumi.

Satu hal yang membanggakan, banyak di antaranya yang sukses mendulang prestasi hingga di tingkat nasional.

Dalam daftar 15 ponpes terbaik di Jawa Barat, tiga di antaranya berada di Kabupaten Sukabumi, yakni Ponpes Al Umanaa di posisi ke-5, Ponpes Al Ma’tuq (10) dan Ponpes Darul Habib (11). Berikut profil ketiganya.

5. Ponpes Al Umanaa

Pondok Pesantren (Ponpes) Al Umanaa merupakan salah satu lembaga pendidikan keislaman yang menawarkan konsep pendidikan yang menarik dan tidak biasa.

Ponpes yang terletak di Jalan Pelabuhan II, Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini layaknya mengajak para santrinya untuk kembali ke alam.

Fasilitas di Ponpes Al Umanaa Sukabumi. l Istimewa
Fasilitas di Ponpes Al Umanaa Sukabumi. l Istimewa

Di ponpes ini, Anda akan melihat miniatur Indonesia. Selain para santrinya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, juga pendidikan tambahan berupa konsentrasi pada bidang pertanian.

Ponpes Modern Al Umanaa berada di bawah naungan Yayasan Al Umanaa yang dipimpin oleh Gustinaningsih sejak tahun 2012.

Baca Lengkap: Melihat Miniatur Indonesia di Ponpes Modern Al Umanaa Sukabumi

10. Ponpes Al Ma’tuq

Trend perubahan gaya hidup, tentunya sangat memengaruhi perilaku generasi muda Muslim di masa yang akan datang. Karenanya, menyekolahkan putra-putri kita di Pondok Pesantren (Ponpes) bisa menjadi solusi di tengah kebingungan mencari sekolah yang tepat dan baik untuk masa depan anak-anak kita.

Ponpes Al Ma'tuq Sukabumi. l almatuq.sch.id
Ponpes Al Ma’tuq Sukabumi. l almatuq.sch.id

Bagi warga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya, menyekolahkan putra-putri di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, bisa memilih Ponpes Al-Ma’tuq. Lokasi tepatnya di Jalan Kadudampit, Kampung Cikaroya RT 016/003, Gunungjaya, Kecamatan Cisaat.

Pesantren yang diresmikan pada 2 Dzulhijah H atau 11 Maret 1997, ini bernaung di bawah Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, ini diresmikan oleh Duta Besar Kuwait untuk Indonesia saat itu, Syaikh Jasim Al-Mubarak.

Baca Lengkap: Mendidik Santri Yatim, Ponpes Al-Ma’tuq Sukabumi Salah Satu Pilihan Terbaik untuk Buah Hati

11. Ponpes Darul Habib

Selain objek wisata alamnya dikenal hingga ke banyak daerah, Kabupaten Sukabumi juga dikenal sebagai tempatnya pondok pesantren (Ponpes) berkualitas.

Suasana lingkungan di Ponpes Darul Habib. l Istimewa
Suasana lingkungan di Ponpes Darul Habib. l Istimewa

Terdapat banyak ponpes di kota ini. Dari mulai yang tradisional hingga modern. Seperti halnya lembaga pendidikan umum, Ponpes ponpes ini juga berlomba menawarkan beragam kelebihan dalam mendidik para santrinya.

Seperti di Ponpes Darul Habib, pesantren yang didirikan oleh Habib Ahmad Naufal bin Abdullah Al Kaff pada 1998 tersebut, menawarkan berbagai keunggulan dalam fasilitas dan materi pembelajaran.

Hingga saat ini, pesantren yang berlokasi di Jalan Raya Parungkuda Gg. Ojek Ciambar, Kampung Cipamutih, Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ini telah berhasil mendidik santrinya menjadi insan yang berpegang teguh pada AlQuran dan Sunnah.

Baca Lengkap: Darul Habib Sukabumi, Salah Satu Pesantren Terbaik di Sukabumi

Sementara, Ponpes Ma’had Al Zaytun Indramayu yang tengah menjadi perbincangan publik karena berbagai kontroversinya menduduki posisi ke-4.

Meskipun ponpes yang dipimpin oleh AS Panji Gumilang tersebut tengah disorot media karena dinilai sesat, namun secara fasilitas pendukung pendidikan yang tersedia di ponpes ini tergolong sangat modern.

Tak heran jika beberapa waktu lalu Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan akan menyelamatkan lembaga Ponpes Al Zaytun dan para santrinya.

Lantas, bagaimana sejarah berdiri dan profil serta fakta yang ada pada Ponpes Al Zaytun Indramayu? Baca lengkap: Sejarah dan 5 Kontroversi Ponpes Al-Zaytun hingga Dituding Sesat

Sedangkan, daftar lengkap 15 Ponpes Terbaik di Jawa Barat versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, adalah sebagai berikut:

  1. Ponpes Darul Muttaqien (Bogor)
  2. ponpes Al Ma’some (Sumedang)
  3. Ponpes Al Ikhlas (Kuningan)
  4. Ponpes Ma’had Al Zaytun (Indramayu)
  5. Ponpes Al Umanaa (Sukabumi)
  6. Ponpes Madinatul Quran )Bogor)
  7. Ponpes Al Islam (Cirebon)
  8. Ponpes Muhajirin (Purwakarta)
  9. Ponpes Al Musaddaiyah )Garut)
  10. Ponpes Al Ma’tuq (Sukabumi)
  11. Ponpes Darul Habib (Sukabumi)
  12. Ponpes Suryalaya (Tasikmalaya)
  13. Ponpes Ummul Quro (Bogor)
  14. Ponpes Al Ikhsan (Bandung)
  15. Ponpes Al Wafi (Bogor).

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer