25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Tol Bocimi Seksi 3 Dicoret dari Proyek Strategis Nasional

EkonomiTol Bocimi Seksi 3 Dicoret dari Proyek Strategis Nasional

sukabumiheadline.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengebut penyelesaian dua proyek jalan tol, yakni Tol Getaci dan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang saat ini termasuk dalam proyek strategis nasional (PSN).

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menjelaskan kelanjutan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dan Bocimi Seksi 3 Cibadak-Cisaat tengah dipercepat untuk memperjelas kelanjutannya.

Proses administrasi tengah dikerjakan, kata Herry, proses pengadaan lahan masih terus dilaksanakan.

“Harapannya jangan [direvisi], kalau direvisi tidak jadi-jadi, tanahnya dari mana, jadi nambah lagi masalahnya,” ujarnya.

Adapun, dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 9/2022, proyek Tol Getaci dan Tol Bocimi masih tercantum sebagai PSN.

Terancam Dicoret dari PSN

Sementara, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo, mengatakan pihaknya masih mengkaji kelanjutan kedua proyek tersebut sebagai PSN.

“Kita belum bicara untuk keluarkan PSN. Masih akan dibahas,” kata Wahyu.

Berdasarkan data Lembaga Manajemen Aset, proses pembebasan lahan Jalan Tol Getaci termasuk yang didanai oleh pemerintah, sedangkan Jalan Tol Bocimi tidak termasuk dalam daftar.

Alokasi dana pendanaan pengadaan lahan PSN selama 2016–2022 adalah sebesar Rp134,466 triliun.

Sampai dengan 17 Februari 2023, telah dilakukan pendanaan pengadaan lahan atas 106 PSN sebesar Rp106,950 triliun untuk 167.772 bidang tanah seluas 274.151.425 m2.

Khusus pada proyek jalan tol, pemerintah mengalokasikan Rp111,65 triliun untuk 55 PSN dengan Rp90,99 triliun pada 52 PSN untuk 115.728 Bidang Seluas 156 juta m2.

Tinggal 20 Persen 

Sementara, pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 3 terus dilakukan. Di mana saat ini proses pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan tol Bocimi seksi 3 sudah mencapai sekitar 80 persen.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan pada Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantah Kabupaten Sukabumi, Sugama Putra mengatakan, sampai saat ini progres pembebasan luas lahan untuk pembangunan jalan tol seksi 3 yang telah dilaksanakan Pelaksana Pengadaan Tanah (P2T) sudah mencapai 80,69 persen. Lahan itu terdiri dari tanah masyarakat perorangan dan badan hukum swasta.”Ada juga tanah-tanah berkarakteristik khusus, seperti tanah instansi, tanah wakaf dan tanah kas desa yang tengah diproses,” kata Sugama, Kamis (2/3/2023).

Namun, untuk tanah masyarakat dan badan hukum swasta yang sudah dibebaskan itu ada di angka 80,69 persen dan sisanya 19,31 persen lagi.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer