25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Jadwal, Rute dan Tarif DAMRI Sagaranten, Tegalbuleud, Surade dan Palabuhanratu

sukabumiheadline.com l DAMRI terus memperkuat konektivitas dengan...

5 takjil khas Arab Saudi menurut pramugari Saudia Airlines asal Sukabumi

Gaya hidup5 takjil khas Arab Saudi menurut pramugari Saudia Airlines asal Sukabumi

sukabumiheadline.com – Takjil atau menu makanan ringan untuk berbuka puasa lazim diburu pada setiap bulan Ramadhan tiba. Tak hanya para penjual dadakan, takjil juga kerap dibagikan cuma-cuma oleh berbagai komunitas di Sukabumi, kepada para pengendara yang melintas.

Namun, ternyata menu takjil tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga diberbagai negara Muslim. Salah satu negara Muslim yang juga memiliki menu takjil adalah Arab Saudi.

Dituturkan pramugari Saudia Airlines asal Sukabumi, Asyifa Sakinah, ada banyak menu takjil yang lezat. Namun, kelima menu takjil di bawah merupakan menu yang paling mudah ditemui.

 

Berikut 5 menu takjil Ramadhan di Arab Saudi seperti dituturkan gadis asal Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, itu kepada sukabumiheadline.com, Jumat (8/4/2022).

1. Duqqah

Duqqah sejatinya adalah makanan tradisional khas Mesir. Namun, duqqah juga populer di Arab Saudi.

Duqqah. l Istimewa

2. Fellafel

Falafel adalah sebuah makanan Timur Tengah. Makanan ini dibuat dari kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas.

Falafel biasanya disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa. Di banyak negara, falafel dijual sebagai makanan siap saji yang populer. Bola-bola falafel biasa ditambahi dengan selada, asinan dan acar sayuran serta saus pedas. Pada bulan Ramadan, falafel sering dimakan sebagai hidangan buka puasa.

Fellafel. l Istimewa

3. Luqaimat

Luqaimat merupakan kudapan manis yang berasal dari Arab Saudi, mempunyai tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Selain itu, Luqaimat juga ditaburi dengan biji wijen dan disiram dengan shira pada bagian atasnya.

Luqaimat. l Istimewa

4. Sambusa

Sambusa, samosa, samsa atau somsa adalah pastri goreng berbentuk segitiga. Isi berupa kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer. Makanan ringan ini populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Jazirah Arab.

Sambusa. l Istimewa
Sambusa. l Istimewa

5. Konafa

Konafa, Knafeh atau Kunafa merupakan hidangan pencuci mulut utama di kalangan orang Arab selama Ramadhan berlangsung. Dilansir dari stepfeed.com, nama Kunafa berasal dari kata kerja bahasa Arab “ka-na-fa” yang artinya rahmat. Kunafa adalah kue keju yang direndam dengan sirup yang terbuat dari bihun atau semolina.

Konafa ini juga menjadi takjil favorit Asyifa Sakinah. “Aku suka Konafa. Lezat,” kata Asyifa.

Konafa
Konafa. l Istimewa

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer