22.4 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Babak Baru Konflik Timur Tengah Rusia Ngamuk ke Israel, Bandara Ini Diserang

InternasionalBabak Baru Konflik Timur Tengah Rusia Ngamuk ke Israel, Bandara Ini Diserang

sukabumiheadline.com l Hubungan Dengan Israel kian memanas setelah Kremlin dilaporkan mengecam keras Israel. Ini akibat tindakan Zionis yang melakukan penyerangan terhadap Bandara International Damaskus di Suriah.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan serangan itu, dapat memperburuk ketegangan di wilayah tersebut, yang sudah dipicu oleh perang Gaza. Suriah sendiri adalah sekutu dekat Rusia di Timur Tengah.

“Kami mengutuk keras serangan provokatif terbaru Israel terhadap fasilitas infrastruktur sipil penting Suriah,” kata Zakharova dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP Selasa (28/11/2023).

“Kami yakin bahwa praktik keji seperti itu mempunyai konsekuensi yang sangat berbahaya, terutama dalam konteks memburuknya situasi di zona konflik Palestina-Israel dan akibatnya meningkatkan ketegangan regional,” tambahnya.

Sebelumnya serangan udara Israel dilakukan Ahad waktu setempat ke bandara Damaskus. Alhasil bandara tidak dapat dioperasikan, hanya beberapa jam setelah penerbangan dilanjutkan menyusul serangan serupa bulan lalu.

Serangan itu pun dilaporkan AFP, menargetkan landasan pacu. Suara ledakan juga terdengar dari arah bandara militer di daerah Mazzeh di sisi lain Damaskus.

“Pesawat-pesawat tempur Israel pada Ahad sore melakukan serangan baru yang menargetkan bandara internasional Damaskus… membuatnya tidak dapat digunakan lagi,” kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

“Seorang perwira dan dua personel lainnya terluka dalam serangan yang menargetkan pangkalan pasukan pertahanan udara di daerah Mazzeh,” ujar narasumber yang sama.

Sumber militer kantor berita SANA mengatakan kejadian berlangsung pukul 16:50 waktu setempat. Dikatakan bahwa “musuh Zionis melakukan serangan udara dengan rudal dari arah Golan Suriah yang diduduki”.

Untuk informasi, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap tetangganya di utara sejak perang sipil Suriah dimulai pada tahun 2011, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah Lebanon serta posisi tentara Suriah.

Namun, serangan mereka semakin intensif sejak perang antara Israel dan Hamas, sekutu Hizbullah, dimulai pada 7 Oktober.

Serangan Israel terhadap bandara Damaskus dan Bandara Aleppo di utara pada 12 dan 22 Oktober membuat kedua fasilitas tersebut tidak dapat digunakan. Penerbangan dialihkan ke Latakia di pantai barat setelah serangan tanggal 22 Oktober.

Panas Dingin Rusia-Suriah dan Israel

Rusia melakukan intervensi dalam perang saudara di Suriah pada 2015. Di mana pemerintahan Presiden Vladimir Putin berada di di pihak Presiden Bashar al-Assad.

Rusia sebenarnya memiliki hubungan baik dengan Israel. Tapi di sisi lain juga dekat dengan “musuh” Israel seperti Iran dan Hamas.

Hubungan antara Rusia dan Israel telah memburuk sejak dimulainya perang Gaza. Moskow berulang kali menyoroti penderitaan warga sipil Palestina yang dikepung oleh Israel.

Selain itu, Rusia juga menjadi tuan rumah bagi delegasi pejabat senior Hamas.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer