22.8 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Pria tewas tersambar petir saat main handphone ternyata ASN Pemkab Sukabumi

sukabumiheadline.com - Korban tewas dalam insiden tersambar...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Belasan pemotor pengguna knalpot bising diamankan Satlantas Polres Sukabumi

sukabumiheadline.com - Belasan pengendara sepeda motor yang...

Bukan Hanya Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan Sukabumi, Ada 5 + 3 Ratu Gaib, Siapa Paling Sakti

KontenBukan Hanya Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan Sukabumi, Ada 5 + 3 Ratu Gaib, Siapa Paling Sakti

sukabumiheadline.com – Selama ini kita familiar dengan nama legenda Nyi Roro Kidul. Disebut paling sakti dan menguasai pantai selatan Jawa.

Namun ternyata di tanah Jawa sedikitnya ada 8 ratu gaib yang konon tak kalah sakti. Di antaranya termasuk Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul.

Lantas dari 8 ratu gaib itu, siapa yang paling sakti? Apakah Nyi Roro Kidul yang disebut-sebut selama ini, atau malah ada legenda lain.

Berikut adalah ulasan 8 ratu gaib di Pulau Jawa yang sebagian besar dipercaya sebagai keturunan makhluk gaib.

1. Nyai Gadung Melati

Berasal dari bangas lelembut, sosok ini dipercaya sebagai dewi kesuburan di sekitar Merapi. Dia yang menjaga kehijauan merapi dan membawa energi positif bagi manusia yang tinggal di sekitar lereng Merapi.

2. Nyi Pelet

Merupakan manusia biasa yang terobsesi akan kecantikan hingga dia nekat mencuri kitab mantra asmara yang di ciptakan oleh Ki Buyut Manuntapa.

Berisi ajian pengikat, dia memikat pria untuk dijadikan tumbal agar tetap awet muda. Dipercaya Nyi Pelet berada di sekitar Gunung Ceremai hingga saat ini.

3. Dewi Sri/Shangyang Asri

Berasal dari bangsa halus dewa, dipercaya bahwa Dewi Sri merupakan dewi kesuburan yang menjaga hasil bumi, pertanian, kelahiran dan kehidupan manusia.

4. Nyi Blorong

Berasal dari bangsa lelembut, merupakan panglima terkuat dari Ratu Kidul. Nyi Blorong merupakan tempat mencari pesugihan, banyak pengikut Nyi Blorong yang berasal dari bangsa manusia.

5. Dewi Lantar

Berasal dari bangsa manusia dari daerah Jawa bagian utara. Dia melakukan moksa dan mendapatkan anugerah dari Kanjeng Ratu Kidul.

Ditugaskan menggoda Raden Bahurekso, ia dipercaya bersemayam di laut Slamaran Pekalongan.

5+1. Nyi Roro Kidul

Berasal dari bangsa manusia, ia berasal dari dataran Sunda yang melakukan moksa dan diberi anugerah oleh Ratu Kidul. Dia memiliki tugas mengurusi urusan luar kraton kidul. Termasuk menjaga hubungan dengan raja-raja di Pulau Jawa. Baca lengkap: Muasal Putri Kesayangan Prabu Siliwangi Melarungkan Diri ke Laut Selatan Sukabumi

5+2. Nyi Lodata

Berasal dari bangsa manusia, ia melakukan moksa bersama Prabu Siliwangi karena dia merupakan salah satu Punggawa Pajajaran.

Ia bertugas penjaga gembok gerbang Pajajaran menurut cerita kesaktian Nyi Lodaya mampu menandingi Ratu Laut Kidul.

Berita Terkait: Dikira Warga Sukabumi Sama, Ternyata Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul Beda

5+3. Kanjeng Ratu Kidul

Berasal dari bangsa halus, merupakan keturunan dewa. Ditugaskan menjaga laut selatan. Dia juga yang mebawahi Nyi Roro Kidul, Dewi Lanjar serta Nyi Blorong. Baca lengkap: Cerita Kanjeng Ratu Kidul di Sukabumi, Jejak Sejarah atau Dongeng yang Menarik?

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer