18 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

Kisah perjalanan spiritual Philippe Troussier, eks pelatih Timnas Vietnam Mualaf

KhazanahKisah perjalanan spiritual Philippe Troussier, eks pelatih Timnas Vietnam Mualaf

sukabumiheadline.com – Philippe Troussier, mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Vietnam adalah seorang mualaf yang memutuskan menjadi seorang muslim pada tahun 2006 lalu silam.

Seperti diketahui, Philippe Troussier dipecat jadi pelatih Vietnam usai dipermalukan Timnas Indonesia dengan skor 0-3 di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Ketiga gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan Jay Idzes (9′), Ragnar Oratmangoen (23′) dan Ramadhan Sananta (90+8′). Sementara Ini kekalahan beruntun Vietnam dalam lima pertandingan terakhir.

“Kami baru saja melakukan pertemuan dengan pelatih Troussier. Kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024,” tegas Sekretaris Jenderal Duong Nghiep Khoi kepada VnExpress, usai pertemuan di markas VFF.

Philippe Troussier Mualaf

Ketika ia tinggal di Maroko selama bertahun-tahun, ia merasa Islam adalah satu-satunya agama yang benar. Ketika ia belajar banyak tentang ajaran Islam, ia menemukan ketenangan.

Philippe Troussier sudah dikenal oleh penggemar sepak bola Asia, terutama mereka yang mengikuti kemenangan di Piala Dunia 2002. Pelatih asal Prancis ini memimpin Jepang ke 16 besar Piala Dunia 2002.

Sebagai informasi, keikutsertaan Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2002 adalah yang pertama. Saat menangani Jepang, Philippe Troussier sempat bermain dengan beberapa tim nasional yang mayoritas penduduknya beragama Islam, seperti Qatar dan Maroko.

Philippe Troussier hanya tinggal lima bulan di Maroko, tetapi di sana dia menemukan cahaya Islam. Di sana dia memilih menjadi mualaf dan mengubah namanya menjadi Omar, dilansir dari Muslim Obsession pada Selasa, 27 Maret 2024.

“Awalnya saya tidak mau menunjukkan keislaman saya dan keluarga saya. Saya ingin menjaga perasaan saya sendiri,” ucapnya.

Salah satu rekan Troussier memberi tahu orang lain bahwa Philippe Troussier dan sang istri sudah mengucapkan dua kalimat syahadat. Sama seperti Philippe Troussier, sang istri juga mengubah namanya dari Dominique menjadi Amina.

Hal itu termuat dalam surat kabar Prancis, L’Opion.

“Philippe Troussier telah mengubah namanya menjadi Omar dan istrinya bukan lagi bernama Dominique, melainkan Amina,” salah satu sumber mengatakan hal tersebut, dilansir dari L’ Opion.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF resmi memutus kontrak manajer Philippe Troussier setelah dibantai 3 kali secara beruntun oleh timnas Indonesia.

Pelatih asal Prancis itu harus kembali menerima kekalahan dari Timnas Indonesia. Timnas Vietnam lagi-lagi tumbang dengan skor 0-3 melawan Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa 26 Maret 2024 malam WIB.

Sebelumnya, Timnas Vietnam juga harus merasakan kekalahan dari Timnas Indonesia di laga ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Vietnam takluk 0-1 dari Skuad Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis 21 Maret 2024.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer