22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Jadwal, Rute dan Tarif DAMRI Sagaranten, Tegalbuleud, Surade dan Palabuhanratu

sukabumiheadline.com l DAMRI terus memperkuat konektivitas dengan...

Mau icip sagon bakar Sukabumi yang gurih dan renyah? Ke sini aja, dilengkapi resep dan cara bikin

Gaya hidupMau icip sagon bakar Sukabumi yang gurih dan renyah? Ke sini aja, dilengkapi resep dan cara bikin

sukabumiheadline.com – Jika berkunjung ke Kota Sukabumi, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan yang satu ini, namanya kue Sagon Bakar Ciaul.

Kue sagon sejenis kue kering dengan bahan dasar kelapa dan aci. Kue ini memiliki banyak varian rasa, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Terbuat dari kelapa, aci dan bahan-bahan lainnya, camilan tradisional khas Sukabumi ini merupakan pilihan pas untuk menemani bersantai di sore ini sembari ditemani segelas kopi atau teh hangat.

Sagon Bakar Ciaul juga tersedia dalam berbagai rasa mulai dari cokelat, keju, dan berbagai rasa menarik lainnya.

Untuk Foodies yang berencana berkunjung ke Sukabumi, bisa sekalian mampir ke Jl. Ciaul Baru No.16, RT 001/007, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Resep dan cara membuat kue sagon 

Kue sagon bakar. - @hafidmo_
Kue sagon bakar. – @hafidmo_

Pasti kamu sudah penasaran bagaimana cara membuatnya, bukan? Nah, berikut ini resep dan cara membuat kue sagon bakar ciaul khas Sukabumi yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

BAHAN-BAHAN:

200 gr mentega, 1 butir telur, 170 gr gula halus, 1/2 sdt extract vanilla, 500 gr tepung tapioka, 125 gr kelapa parut kering, 1 sdt garam.

Ilustrasi membuat adonan kue. - Istimewa
Ilustrasi membuat adonan kue. – Istimewa

CARA MEMBUAT KUE SAGON

  1. Campurkan semua bahan, lalu kocok 200 gr mentega dan 170 gr gula halus selama 3 menit. Kemudian, masukkan telur dan extract vanilla, lalu kocok sebentar.
  2. Masukkan 500 gr tepung tapioka, dan 125 gr kelapa parut kering, lalu aduk dengan spatula. Setelah itu, uleni sebentar dengan tangan sampai tercampur merata.
  3. Cetak adonan dalam loyang, lalu pipihkan adonan, kemudian cetak dengan cookies cutter. Selanjutnya, lapisi loyang dengan kertas baking, lalu susun adonan kue di atasnya.
  4. Siapkan oven untuk memanggang. Lalu panaskan oven 150°C selama 5 menit. Setelah itu, masukkan adonan kue sagon ke dalam oven selama 25 menit.
  5. Angkat dan dinginkan sebentar.

Nah, kue Sagon Bakar Ciaul pun siap untuk dinikmati sebagai camilan yang enak, apalagi jika ditemani secangkir kopi atau teh hangat.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer