22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Mengunjungi Pantai Minajaya, menikmati sunset yang indah dan berombak lembut

Gaya hidupMengunjungi Pantai Minajaya, menikmati sunset yang indah dan berombak lembut

sukabumiheadline.com – Kabupaten Sukabumi, dikenal memiliki keindahan alam yang memukau siapapun yang mengunjunginya. Selain bukit, gunung, dan Curug atau air terjun, kabupaten terluas di Jawa Barat ini juga dikenal terdapat pantai-pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu pantai indah yang selalu menjadi perbincangan dan dikunjungi wisatawan, adalah Pantai Minajaya. Pantai ini dikenal karena memiliki pesisir pantai sangat luas menghampar bak permadani.

Lokasi dan rute ke Pantai Minajaya 

Anda yang pernah berkunjung pasti tahu lokasi pantai ini berada di wilayah Jampang Kulon dan Surade. Pemandangan yang indah ketika sunset dan suasana pegunungan di sekelilingnya menjadi salah satu daya tarik di pantai ini.

Akses menuju pantai Minajaya berjarak sekitar 125 Kilometer dari pusat Kota Sukabumi, atau hanya 6 Kilometer dari kecamatan Surade. Akses jalan menuju pantai cukup baik bahkan pengunjung bisa langsung memarkir langsung kendaraan tepat di bibir pantai.

Pantai Minajaya
Mengunjungi Pantai Minajaya, menikmati sunset yang indah dan berombak lembut. – Istimewa

Sejarah Pantai Minajaya 

Pantai Minajaya ini sudah berumur puluhan tahun, bahkan untuk surade pantai yang paling terkenal adalah Pantai Minajaya. Di Minajaya kebanyakan yang datang adalah wisatawan lokal namun, ada juga wisatawan asing tetapi tidak begitu banyak.

Pantai ini sangat diminati karena wilayahnya hantar dan aman untuk anak-anak, banyak wisatawan memilih pantai ini untuk bersantai sambil menikmati ikan laut bakar di pinggir pantai.

Wisatawan pun banyak yang tertarik untuk datang melihat indahnya pantai Minajaya ini. Pelatarannya tidak rawan dengan ombak, sehingga wisatawan bisa bermain di pesisirnya, selain daya tarik dari alamnya ada juga daya tarik dari nilai sejarahnya, dahulu kala pantai ini bernama Pantai Kutamara. Namun, sejak 1964 pantai ini berubah nama menjadi Pantai Minajaya.

Perubahan nama tersebut bermula ketika masyarakat Kutamara dikejutkan dengan kedatangan kapal besar ke pesisir pantai tersebut.

Pantai Minajaya
Mengunjungi Pantai Minajaya, menikmati sunset yang indah dan berombak lembut. – Istimewa

Masyarakat setempat menyangka kapal yang merapat sekitar 300 meter dari pesisir pantai merupakan kapal perani dari Malaysia yang hendak menyebrang dari arah selatan.

Berita tersebut cepat menyebar ke seluruh wilayah Surade dan Jampang Kulon. Belakangan diketahui ternyata kapal yang sempat bersandar tersebut merupakan kapal ikan yang kehabisan bahan bakar sehingga terseret arus dan terdampar di pesisir Pantai Kutamara.

Di badan kapal tertulis nama Minajaya 2 sehingga nama kapal ini popular hingga tanpa disadari penyebutan nama Minajaya bagi Pantai Kutamara menjadi sering terucap dari mulut ke mulut.

Sejak itulah pantai indah tersebut dikenal dengan sebutan Pantai Minajaya.

Hamparan pasir dan pemandangan batu karang menjadi salah satu objek yang banyak dinikmati oleh wisatawan karena terdapat batu karang kecil yang terlihat jelas ketika air laut sedang surut. Batuan karang tersebut ditumbuhi banyak rumput laut yang membuatnya terlihat indah secara alami.

Selain itu, pengunjung juga bisa menjadikan batu karang sebagai spot foto yang indah. Untuk jadwal buka wisatawan ke Pantai Minajaya ini tidak terbatas. Dengan demikian, Anda bisa mengunjunginya setiap saat.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer