25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Mudik via Jalur Pansela Jawa dari Jalan Tol Bocimi Seksi 2, indah dan bebas macet

NasionalMudik via Jalur Pansela Jawa dari Jalan Tol Bocimi Seksi 2, indah dan bebas macet

sukabumiheadline.com – Lebaran 2024 ini para pemudik tujuan Jawa Tengah dan Timur memiliki opsi pilihan jalur mudik yang memiliki banyak kelebihan. Dari mulai jalan yang mulus hingga pemandangan yang indah dan bebas macet.

Seperti diketahui, jalur Tol Trans-Jawa kini sudah menggantikan jalur Pantura yang selama puluhan tahun menjadi pilihan jalur para pemudik yang hendak bertemu sanak keluarga mereka.

Pemerintah juga membangun jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) yang memiliki kelebihan karena banyak melintasi destinasi wisata yang memukau mata, sehingga ingin menyinggahinya.

Merapah Trans-Jawa 2023 resmi dimulai, Selasa (11/4/2023) lalu. Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Ciletuh melalui Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 dengan exit toll di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Jalur Pansela Jawa. l Kementerian PUPR
Jalur Pansela Jawa. – Kementerian PUPR

Jalan Tol Bocimi yang dirancang 4 seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong, Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat, dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur, di mana Seksi 2 telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2023 lalu.

Berdasarkan pantauan sukabumiheadline.com, saat ini arus mudik mulai ramai meskipun hanya saat akhir pekan. Namun, arus mudik diperkirakan akan melonjak signifikan pada akhir pekan ini.

Dari Tol Bocimi Seksi 2, keluar lewat Gerbang Tol (GT) Parungkuda dan melanjutkan perjalanan lewat jalan nasional menuju Ciletuh.

Kemudian, pemudik bisa mengambil rute lewat Cikidang dengan jalan yang berkelok-kelok. Uniknya, di perjalanan kami menemukan sekumpulan monyet di pinggir jalan yang menunggu untuk diberi makan.

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. l Istimewa
Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. l Istimewa

Para pemudik bisa beristirahat sejenak di pinggir jalan sembari membagikan potongan makanannya ke monyet-monyet tersebut.

Perjalanan diakhiri dengan berkunjung ke Curug Sodong yang masuk kawasan Geopark Ciletuh. Untuk masuk dan mendaki di Curug Sodong, pengunjung cukup membayar biaya sebesar Rp5.000.

Selanjutnya, pemudik bisa melanjutkan mudik menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur yang juga akan disuguhi pemandangan menawan sepanjang perjalanan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer