22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Pramudya Kusumawardana, atlet bulu tangkis asal Sukabumi persembahkan gelar untuk Australia

OlahragaPramudya Kusumawardana, atlet bulu tangkis asal Sukabumi persembahkan gelar untuk Australia

sukabumiheadline.com – Pebulutangkis ganda putra kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, Pramudya Kusumawardana comeback ke turnamen bulu tangkis. Pramudya akan mewakili Australia di ajang Finnish International 2024.

Berita Terkait: Biodata dan Prestasi Pramudya Kusumawardana, Atlet asal Sukabumi Terfavorit se-Asia Tenggara

Pramudya terdaftar sebagai wakil Australia di sektor ganda campuran. Dia akan bertandem dengan pemain naturalisasi Australia lainnya, Nozomi Shimizu yang memiliki darah Jepang.

Dalam daftar Acceptance list Finnish International 2024, nama Pramudya/Nozomi sudah bersanding bersama pebulu tangkis lainnya. Turnamen Finnish International sendiri akan berlangsung di Vantaa, Finlandia pada 25 – 28 April 2024 mendatang.

Ganda campuran Australia, Pramudya Kusumawardana/Nozomi Shimizu. - elite badminton academy
Ganda campuran Australia, Pramudya Kusumawardana/Nozomi Shimizu. – Elite Badminton Academy

Dengan demikian, turnamen ini akan menjadi pertanda comeback bagi Pramudya sejak mengundurkan diri dari pelatnas Cipayung akhir 2023 lalu. Eks tandem Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan itu diketahui mundur karena ingin melanjutkan studi di Australia.

Mundurnya Pramudya dari pelatnas Cipayung sempat mengejutkan semua pihak karena mempunyai prestasi cukup mengilap bersama Yeremia Rambitan.

Bahkan, hengkangnya bintang bulutangkis Indonesia, Pramudya Kusumawardana, dari PBSI menuju Australia, sontak membuat media China, Sohu, ikut memberikan sorotan menohok. Baca lengkap: Kepergian Pebulutangkis asal Sukabumi dari Pelatnas PBSI Disorot Media China

Seperti diberitakan sukabumiheadline.com sebelumnya, pebulutangkis kelahiran Sukabumi, 13 Desember 2000 itu pun menyebutkan sejumlah poin yang menjadi alasan pengunduran dirinya. Baca lengkap: Pramudya Kusumawardana, Atlet asal Sukabumi Mundur dari Pelatnas PBSI karena Pilih ke Australia

Tampil di sektor ganda putra, Pramudya/Yeremia sempat menyabet medali emas di Kejuaraan Asia 2022. Namun sayang, setelah itu Yeremia mengalami cedera yang membuat keduanya kehilangan momentum.

Pada SEA Games 2023, PraYer -julukan Pramudya/Yeremia- akhirnya comeback dan sukses menggondol medali emas. Sayangnya, setelah itu Pramudya/Yeremia kesulitan untuk mempertahankan performa terbaik mereka.

Pramudya Kusumawardana jadi pelatih Elite Badminton Academy Australia. l Elite Badminton Academy Australia
Pramudya Kusumawardana jadi pelatih Elite Badminton Academy Australia. l Elite Badminton Academy Australia

Pramudya akhirnya memutuskan untuk keluar lantaran ingin melanjutkan studinya. Selain menimba ilmu, Pramudya juga diketahui mempunyai peran baru sebagai pelatih bulu tangkis di Elite Badminton Academy. Baca lengkap: Atlet Badminton asal Sukabumi, Pramudya Kusumawardana Resmi Jadi Pelatih di Australia

Persembahkan gelar buat Australia

Pramudya Kusumawardana secara resmi mengganti bendera di dadanya dari merah putih menjadi Australia. Hal itu bahkan sudah dikonfirmasi oleh BWF di mana statusnya saat ini telah menjadi atlet negeri Kanguru. Baca lengkap: Dinaturalisasi, Pramudya Kusumawardana atlet bulu tangkis asal Sukabumi kini bela Australia

Saat baru tiba di Australia, Pram sejatinya hanya berperan sebagai pelatih di sebuah klub bernama Elite Badminton Academy. Namun belakangan ini, dirinya diketahui juga ikut andil untuk bertanding sebagai seorang pemain.

Pramudya diketahui kerap ikut serta di turnamen-turnamen lokal Australia dan tercatat sudah memenangkan tiga gelar di sana. Terbaru, ia meraih dua gelar di ajang Adelaide, Australia di nomor ganda putra dan campuran.

Di sektor ganda campuran, Pram diketahui berpasangan dengan Nozomi Shimizu. Ia merupakan eks tandem Erina Honda asal Jepang. Pasangan ini pernah meraih gelar Finnish Open 2019 atau yang kini telah berganti nama menjadi Arctic Open yang menjadi turnamen level Super 500.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer