25.2 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Sejarah dan Alasan Fans Glasgow Celtic Konsisten Bela Palestina di Eropa

OlahragaSejarah dan Alasan Fans Glasgow Celtic Konsisten Bela Palestina di Eropa

sukabumiheadline.com l Celtic FC atau Celtic Football Club diucapkan ‘seltik’, adalah sebuah klub sepak bola Skotlandia, yang bertanding dalam (Liga Utama Skotlandia), kompetisi kasta tertinggi di Skotlandia. Klub ini berbasis di ujung timur Kota Glasgow.

Klub yang identik dengan jersey warna hijau dan putih ini memiliki julukan ‘The Bhoys’, ‘Hoops’, ‘Tic’, meskipun nama lengkap klub ini adalah ‘The Celtic Football Club’, ia sering secara keliru disebut (Glasgow Celtic) atau (Celtic Glasgow), khususnya oleh para komentator Inggris maupun asing.

Klub ini didirikan sejak 1888 dan bermarkas di Stadion Celtic Park, Parkhead, Glasgow yang berkapasitas 60,832 penonton.

Logo Celtic FC. l Istimewa

Stadion kandang Celtic adalah di (Celtic Park), yang saat ini merupakan stadion klub terbesar kedua di Britania Raya. Pada 2005/06, Celtic Park menarik rata-rata 58.150 penonton, yang membuat Celtic menduduki tempat kedua setelah (Manchester United) dari rata-rata jumlah penonton dari klub sepak bola Britania manapun.

Bersama-sama dengan saingan mereka, (Rangers F.C.), mereka dikenal sebagai ‘Old Firm’ yaitu salah satu persaingan yang paling terkenal dan keras dalam olahraga. Klub ini secara tradisiional diidentifikasikan dengan komunitas Katolik Glasgow.

Pada 1967, Celtic menjadi tim Britania pertama yang memenangi (Liga Juara UEFA|Piala Eropa). Sebelum kemenangannya yang bersejarah ini, tak satupun klub Eropa Utara yang pernah memenangi turnamen ini, yang biasanya dimenangi oleh klub-klub Italia, Portugal, dan Spanyol. Celtic memenangi setiap kompetisi yang mereka ikuti pada musim itu: Liga Skotlandia, Piala Scottish FA, Piala Liga Skotlandia, Piala Eropa, dan Piala Glasgow.

Alasan Fans Glasgow Celtic Konsisten Bela Palestina 

Alasan terbesar fans klub sepakbola Glasgow Celtic selalu mendukung kemerdekaan Palestina menarik untuk dibahas. Sebab, mereka tak segan-segan melawan imbauan klub hingga federasi.

Suporter Glasgow Celtic menyerukan aksi perdamaian dengan mengibarkan bendera Palestina selama berlangsungnya pertandingan melawan klub KR Reykjavik di Liga Eropa. Sebanyak 40.000 suporter menunjukkan dukungan untuk Palestina.

Suporter Celtic memberi dukungan kepada Palestina. l Istimewa

Lantas apa alasan terbesar yang mendasari fans klub sepakbola Glasgow Celtic selalu mendukung kemerdekaan Palestina? Tentu di nbalik kemeriahan para penggemar Celtic menunjukkan dukungannya terhadap Palestina pasti terdapat alasan.

Meski klub mengimbau secara tegas suporter untuk tidak mengibarkan bendera negara mana pun di Celtic Park, mereka berani melawannya. Dukungan disuarakan sejak awal hingga akhir pertandingan.

Suporter Celtic memberi dukungan kepada Palestina. l Istimewa

Alasan kenapa fans Celtic kibarkan bendera Palestina karena sepakbola menantang perbedaan dan pembatasan seperti itu. Kemudian, Palestina dianggap layak diberi kebebasan seperti halnya Israel.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer