23.2 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Pria tewas tersambar petir saat main handphone ternyata ASN Pemkab Sukabumi

sukabumiheadline.com - Korban tewas dalam insiden tersambar...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Belasan pemotor pengguna knalpot bising diamankan Satlantas Polres Sukabumi

sukabumiheadline.com - Belasan pengendara sepeda motor yang...

Subhanallah Islam Berkembang 7 Kali Lipat di Jepang, dari Warga Biasa hingga Artis Mualaf

KhazanahSubhanallah Islam Berkembang 7 Kali Lipat di Jepang, dari Warga Biasa hingga Artis Mualaf

sukabumiheadline.com l Jepang tidak hanya dikenal sebagai negara dengan kuil dan tempat suci, tetapi juga sebagai tempat yang memiliki masjid.

Fenomena terakhir ini dipicu oleh peningkatan signifikan dalam pernikahan antara warga Muslim dan warga negara Jepang, serta pertumbuhan jumlah orang yang berpindah agama di Jepang selama dua dekade terakhir.

Dampaknya adalah peningkatan jumlah masjid hingga tujuh kali lipat.

Hirofumi Tanada, profesor emeritus sosiologi di Universitas Waseda di Tokyo, memperkirakan Jepang kini menjadi rumah bagi lebih dari 200.000 Muslim.

Sebuah studi yang dilakukan Tanada dan rekan-rekannya menunjukkan terdapat 113 masjid di seluruh Jepang pada Maret 2021, naik dari hanya 15 pada 1999.

Angka tersebut didasarkan pada statistik pemerintah, persentase populasi Muslim menurut negara, dan angka keanggotaan Asosiasi Studi Islam di Jepang. Studi mereka menunjukkan bahwa sekitar 230.000 Muslim menyebut Jepang sebagai rumah mereka pada akhir tahun 2020.

Dari jumlah tersebut, warga negara Jepang dan mereka yang memperoleh status penduduk tetap melalui perkawinan dan keadaan lainnya berjumlah sekitar 47.000, lebih dari dua kali lipat perkiraan 10.000 hingga 20.000 pada satu dekade sebelumnya.

“Banyak dari mereka menjadi Muslim melalui pernikahan,” kata Tanada, dikutip dari Asahi, Kamis, 28 Desember 2023.

“Semakin banyak orang yang mungkin bergabung dengan agama ini atas kemauan mereka sendiri,” imbuhnya.

Masjid pernah menjadi pemandangan langka di Jepang, namun sekarang sudah tidak ada lagi. Yang terbaru, Masjid Istiqlal Osaka, dibuka di Distrik Nishinari Osaka tahun lalu. Lokasi masjid itu bertempat di bekas bangunan pabrik.

Biaya renovasi sebagian besar ditanggung oleh sumbangan masyarakat Indonesia. Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.

“Kami berharap menjadikan masjid ini tempat yang dapat dikunjungi oleh seluruh umat Islam,” kata Herizal Adhardi, seorang warga negara Indonesia berusia 46 tahun yang mengepalai entitas yang mengoperasikan Masjid Istiqlal Osaka.

“Kami orang Jepang sebelumnya tidak mengenal Muslim,” kata Hirofumi Okai, seorang profesor sosiologi di Universitas Kyoto Sangyo yang mempelajari budaya Islam.

“Sekarang mereka adalah tetangga kita, kita perlu memikirkan bagaimana hidup bersama mereka dalam masyarakat yang penuh keberagaman ini,” imbuhnya.

Artis Jepang Mualaf

Artis Jepang yang beragama Islam ternyata cukup banyak. Bahkan beberapa diantaranya sempat dirumorkan muslim bukan karena mualaf melainkan faktor keturunan.

Artis Jepang memang jarang buka-bukaan soal kepercayaan mereka, namun bukan berarti warganet tak bisa mencari tahu.

Rupanya, dari sekian banyak artis Jepang yang tenar hingga ke luar negeri, beberapa di antaranya merupakan pemeluk agama Islam.

Mulai dari kalangan tokoh publik, atlet, hingga musisi, berikut ini MNC Portal rangkumkan beberapa nama artis Jepang yang ternyata beragama Islam.

Hana Tajima

Hana Tajima
Hana Tajima. l Istimewa

Mengawali kariernya sebagai seorang penikmat dunia fashion, kini Hana Tajima dikenal sebagai model yang sudah mendunia. Ketika duduk di bangku sekolah tinggi, Hana rupanya tertarik untuk mempelajari Al-Qur’an berkat salah satu temannya.

Tak lama, Ia pun memilih untuk memeluk agama Islam pada usia 17 tahun.

Antonio Inoki

Antonio Inoki
Antonio Inoki. l Istimewa

Dikenal sebagai pegulat legendaris di Jepang, Antonio memilih masuk Islam gara-gara diutus oleh pemerintahnya untuk berunding dengan Saddam Hussein di Irak.

Sembari berusaha membebaskan warga Jepang yang berada di sana, Antonio mempelajari banyak hal tentang Islam yang membuatnya mantap menjadi seorang Muslim.

Taki Takazawa

Taki Takazawa
Taki Takazawa. l Istimewa

Sebelum menjadi seorang Muslim, Taki adalah seniman tato yang punya nama cukup besar di kalangan Yakuza, kelompok mafia paling ditakuti di Jepang.

Namun, suatu ketika, Taki bertemu dengan seorang Muslim di Shibuya yang mengajaknya membaca kalimat syahadat; Ia pun merasa mendapat hidayah dan memutuskan untuk mantap memeluk Islam.

Saeed Yokata Erena

Saeed Yokata Erena
Saeed Yokata Erena. l Istimewa

Personel dari girl group AKB48. Aktif di tahun 2011 hingga 2012, Saeed sering dirumorkan sebagai seorang Muslim karena ayahnya yang berasal dari Pakistan.

Meskipun begitu, hingga kini belum ada informasi yang mengonfirmasi maupun membantah persoalan kepercayaannya ini.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer