23 C
Sukabumi
Kamis, April 25, 2024

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Kisah Jennifer Grout, Penyanyi Amerika Masuk Islam dan Tenar di Dunia Arab

KhazanahKisah Jennifer Grout, Penyanyi Amerika Masuk Islam dan Tenar di Dunia Arab

sukabumiheadline.com l Jennifer Grout, penyanyi asal Amerika, kini telah menjadi idola di kalangan Arab, bahkan dunia Muslim. Awal sosoknya menjadi pusat perhatian, karena dianggap tidak bisa berbahasa Arab, namun piawai bernyanyi lagu bahasa Arab.

Kebolehannya itu ditunjukkan Jennifer dalam ajang pencarian bakat, Arabs Got Talent 2013. Tak heran perempuan kelahiran 1990 ini segera mendapatkan sorotan besar dari komunitas Arab. Terlebih, ia bisa melantunkan ayat-ayat suci AlQuran dengan indah.

Video-video saat Jennifer Grout membaca AlQuran pun selalu viral dan mendapatkan respons positif dari netizen dunia.

Dalam ajang tersebut, Grout termasuk di antara tiga finalis teratas. Publik Arab semakin mengenalnya setelah dia mengumumkan masuk Islam, yang di-posting online pada 2014.

Saat Grout ambil bagian dalam Arabs Got Talent, dia menjadi berita. Pertama karena menjadi penyanyi Amerika di acara untuk orang Arab. Kedua, karena begitu fasih menyanyikan lagu-lagu tradisional Arab, tanpa bisa berbicara bahasanya.

Desas-desus menyebar bahwa dia pasti berasal dari Arab – sesuatu yang dia bantah dalam wawancaranya. Ia sendiri tertarik musik Arab ketika kuliah musik di McGill University, di Montreal, Kanada. Itu yang membawanya datang ke Maroko dan bertemu dengan Islam.

Memeluk Islam Setelah Video Mualaf Viral

Sebenarnya, dia tidak benar-benar masuk Islam. Video yang beredar itu cuplikan dari film yang dibintanginya.

Video yang di-posting menunjukkan dia menyatakan, di hadapan dua pria, syahadat, pernyataan keimanan yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

Dalam syahadat, orang tersebut menyatakan bahwa “tidak ada Tuhan selain Allah dan Mohammad adalah nabi-Nya“.

“Sebenarnya video yang dilihat semua orang adalah bagian dari film Maroko yang saya buat sebelum penampilan saya ditayangkan di Arabs Got Talent.”

“Dan saya awalnya kesal, dan paling takut, itu berakhir di internet, karena saya bahkan belum mendapat kesempatan untuk memberi tahu keluarga dan teman terdekat saya tentang Islam sebelum ada berita utama di mana-mana yang mengatakan saya telah pindah agama,” papar Grout.

“Namun, sekarang sudah ada, mungkin itu hal yang positif – saya tidak malu dengan apa yang saya yakini,” imbuhnya.

Ketika itu, Grout, yang tinggal di Maroko, menjelaskan bahwa dia tidak pergi ke masjid untuk “mengkonfirmasi pertobatannya dengan seorang Imam atau menuliskannya di atas kertas”.

“Tapi saya mengucapkan syahadat dari hati saya. Saya baru-baru ini mulai melakukan shalat [lima] waktu,” katanya 2104 lalu.

Meski saat itu belum sepenuhnya Muslim, dia sudah bertekad untuk berpuasa selama Ramadhan akhir tahun ini dan dia juga “berusaha lebih dermawan untuk mempraktekkan zakat”.

“Itu adalah hal yang paling penting, dan tentu saja saya mencoba untuk mendidik diri sendiri tentang hal itu, untuk mengetahui lebih banyak tentang makna AlQuran, sejarah Islam… Saya membaca di suatu tempat bahwa Islam bukanlah suatu keadaan, tetapi sebuah proses menjadi, dan itu benar-benar terdengar benar bagi saya,” jelas dia.

Keterikatan Grout pada agama muncul dua tahun setelah dia menjadi “ateis dan menentang agama. Dan ia berpikir bahwa itu berbahaya daripada bermanfaat untuk dunia,” tambah Grout.

Namun, saat dia bertemu dengan tunangan Maroko, saat ia belajar musik kaum berber dan bahasa Arab di Negara itu, dia tanpa sadar membuatnya mengubah pandangannya.

Dia adalah, katanya, “orang yang paling berani, gigih, dan penuh kasih yang saya kenal… Saya mengaguminya, jadi saya ingin membuat hubungan itu berhasil — dia adalah seorang Muslim, salah satu faktor terbesar dalam melakukan itu adalah setidaknya memahami Islam.”

“Dengan berusaha untuk memahami dan membuka pikiran saya terhadapnya, tiba-tiba hal-hal aneh dan menakjubkan mulai terjadi pada saya, seperti kebetulan besar dan perasaan/sensasi yang belum pernah saya alami sebelumnya. Begitulah “proses menjadi” saya awalnya dimulai. Jadi itu adalah hal yang cukup baru bagi saya.”

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer