20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Sukabumi Gudangnya, Indonesia Masuk 5 Negara dengan Cadangan Panas Bumi Terbesar di Dunia

EkonomiSukabumi Gudangnya, Indonesia Masuk 5 Negara dengan Cadangan Panas Bumi Terbesar di Dunia

sukabumiheadline.com l Tenaga panas bumi kian menjadi pilihan di banyak negara, di saat dunia terus bergerak memenuhi kebutuhan listrik ramah lingkungan.

Dilansir dari ebtke.esdm.go.id, pembangkit listrik panas bumi disebut ramah lingkungan karena rendah emisi. Emisi yang dihasilkan panas dari pembangkit listrik panas bumi hanya 1/15 dari emisi pembangkit listrik tenaga uap batu bara atau genset dengan bahan bakar solar.

Indonesia yang berada di kawasan ring of fire atau cincin api pasifik yang memiliki banyak gunung berapi, dikenal sebagai negara dengan cadangan energi panas bumi terbesar di dunia.

Diberitakan thinkgeoenergy.com, ada 5 negara yang memiliki cadangan panas bumi terbesar di dunia dan salah satunya adalah Indonesia. Berikut daftarnya.

5. Selandia Baru

Sementara itu, Selandia Baru menempati posisi kelima sebagai negara produsen pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di dunia. Negara ini secara total memiliki 1.037 mega watt (MW) kapasitas energi panas bumi.

4. Turki

Dilansir dari Thinkgeoenergy, sebagai negara produsen listrik dari panas bumi terbesar keempat di dunia, melalui pembangkit listrik yang beroperasi di enam provinsi di kawasan Aegean Turki memiliki pembangkit listrik terpasang dengan kapasitas mencapai 1691,4 mega watt (MW).

3. Filipina

Mengutip data dari statistika.com, total kapasitas energi panas bumi di Filipina berjumlah sekitar 1,93 ribu megawatt (MW) pada tahun 2021. Angka ini sedikit meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Filipina juga memiliki salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di dunia yang juga sekaligus menjadikan Filipina menempati posisi ketiga sebagai negara produsen listrik dari panas bumi terbesar di dunia.

2. Indonesia

Pada tahun 2022, Indonesia mempunyai kapasitas PLTP sebesar 2.356 mega watt (MW) pada tahun yang sama. Sejak memulai pengembangan sumber daya panas buminya pada tahun 1970-an, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menargetkan pengembangannya akan mencapai 9,3 giga watt (GW) pada tahun 2030 mendatang.

Lebih lanjut lagi, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi 4 dari 10 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi terbesar di dunia. sebagaimana terkonfirmasi melalui informasi yang diperoleh dari Kementerian ESDM. Kementerian ESDM menyatakan bahwa Indonesia saat ini memiliki cadangan panas bumi sebesar 23,7 giga watt (GW).

1. Amerika Serikat

Mengutip data dari Thinkgeoenergy, Amerika Serikat tercatat memiliki kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) hingga 3.794 Mega Watt (MW). Oleh sebab itulah, Amerika Serikat menjadi negara pertama yang memanfaatkan PLTP terbanyak di dunia Pada tahun 2022.

Diberitakan sukabumiheadline.com sebelumnya, PLTP Gunung Salak merupakan yang terbesar di Indonesia. Alasan utama memilih Gunung Salak sebagai lokasi proyek geothermal adalah potensi panas bumi yang melimpah di daerah tersebut. Baca lengkap: Termasuk Cikakak Sukabumi, 90% Potensi Panas Bumi RI Belum Digarap, Mau Diekspor?

Selain di Gunung Salak yang terletak di perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat, di Kecamatan Cikakak dan Cisolok potensi yang sama akan digarap pemerintah. Baca lengkap: Disumbang dari Sukabumi, Dalam 5 Tahun Kapasitas PLTP Bakal Melejit Dua Kali Lipat

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer