20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

Timnas U-24 Lolos 16 Besar Asian Games Lewat Jalur Posisi 3 Terbaik

OlahragaTimnas U-24 Lolos 16 Besar Asian Games Lewat Jalur Posisi 3 Terbaik

sukabumiheadline.com l Indonesia gagal lolos langsung ke babak 16 besar sepak bola Asian Games 2023 setelah kalah 0-1 dari Korea Utara. Dalam laga di di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Ahad sore WIB itu, timnas U-24 takluk akibat gol Kim Yusong pada menit ke-39.

Kekalahan itu membuat Indonesia finis ketiga di Grup F, dengan Korea Utara memimpin berbekal sembilan poin sempurna. Indonesia kalah head to head gol dari Kirgistan, yang menang 4-1 atas Taiwan, di saat bersamaan.

Kirgistan berhak lolos sebagai runner-up, sementara Taiwan menjadi juru kunci. Meski punya tiga poin, Taiwan catatan head to head selisih gol paling buruk dengan Kirgistan dan Indonesia.

Indonesia harus terlempar ke posisi tiga terbaik, dengan empat tim diambil dari lima grup. Hal ini dilakukan karena perbedaan jumlah tim di dalam grup (Grup C dan D hanya berisi dua dan tiga tim), di mana aturannya adalah, tim-tim di posisi tiga terbaik ini tak akan dihitung hasilnya melawan tim juru kunci di grup masing-masing.

Bagi Timnas Indonesia hal itu menjadi keuntungan karena artinya kekalahan dari Taiwan tak dihitung.

Tim besutan Indra Sjafri itu sementara memimpin grup peringkat tiga terbaik dengan tiga poin, mencetak dua gol dan tanpa kebobolan sebagaimana hasil atas Kirgistan. Meski beberapa grup lain belum memainkan laga-laga terakhirnya, tapi posisinya relatif aman.

Indonesia dipastikan akan satu posisi lebih baik dari tim peringkat ketiga Grup D, yang saat ini ditempati oleh Qatar dengan satu poin. Qatar memang masih bisa naik ke posisi dua jika Palestina kalah telak dari Jepang, Senin besok (25/9/2023).

Namun itu tak mengubah fakta bahwa baik Qatar atau Palestina, siapapun yang finis ketiga, tak akan lebih baik dari Indonesia dalam hal perolehan poin.

Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Sementara

1 F Indonesia 2 1 0 1 2 1 +1 3
2 D Qatar 2 0 1 1 1 3 −2 1
3 E Thailand 2 0 1 1 1 5 −4 1
4 B Vietnam 1 0 0 1 0 4 −4 0[a]
5 A Myanmar 1 0 0 1 0 4 −4 0[a]

Dari lima posisi tiga terbaik di atas, 4 tim dipastikan lolos babak 16 sepak bola Asian Games 2023.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer