27.5 C
Sukabumi
Selasa, April 30, 2024

Cek Harga Vivo V30 Pro, Mirip iPhone Versi Murah dengan Fitur Menarik

sukabumiheadline.com l Pemberitaan tentang kehadiran Vivo V30...

2024 Trend K-Pop Berlanjut, Ini 5+5 Wolf Cut Hair Cowok Cewek

sukabumiheadline.com l Di tahun 2022 ini, potongan...

Mengenal Perhimpunan Indonesia Tionghoa Sukabumi

KomunitasMengenal Perhimpunan Indonesia Tionghoa Sukabumi

SUKABUMIHEADLINE.com l Mengelompokkan diri berdasarkan etnis, lazim di Indonesia. Bahkan, hampir semua etnis memiliki perkumpulan masing masing, seperti Sunda, Bugis, Minang, dan banyak lagi.

Namun, umumnya mereka terlihat aktif, terutama bagi yang bekerja atau menetap di perantauan. Baik kota kota besar di Indonesia maupun di luar negeri, seperti yang lazim dibentuk oleh para tenaga kerja Indonesia (TKI).

Sekadar informasi, di Sukabumi sendiri banyak terdapat perkumpulan berdasarkan etnis. Ada perkumpulan keluarga Minang, Bugis hingga masyarakat Tionghoa yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia Tionghoa atau populer disebut Inti.

Selain Inti, juga terdapat Komunitas Tionghoa Sukabumi (KTS). Perbedaan Inti dengan KTS, adalah Inti memiliki cabang di hampir semua wilayah di Indonesia, baik di tingkat provinsi maupun kota dan kabupaten.

Dari kehadiran perhimpunan dan komunitas tersebut kita bisa mengetahui jika warga Tionghoa mayoritas memiliki nasionalisme tinggi. Mereka merasa lahir dan besar di Indonesia, maka sejatinya mereka rela melakukan apapun untuk negaranya.

Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, mereka umumnya rajin melakukan berbagai kegiatan sosial. Dari mulai santunan hingga donor darah.

Dalam melakukan aksi sosial, Inti yang bersekretariat di Kawasan Komplek Danalaga Square, Blok I No. 17, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, juga sering menggandeng komunitas lain, selain Palang Merah Indonesia (PMI) untuk terlibat.

Mengutip laman resmi Facebook Inti Kota Sukabumi, terdapat cover dengan tulisan berbunyi, “Lahir dan dibesarkan di Indonesia. Mengapa harus ditolak ketika diberikan kesempatan membangun Ibu Pertiwi?” Dikutip sukabumiheadline.com, Sabtu (26/3/2022).

Dalam unggahannya, hampir semua berisi postingan terkait kegiatan sosial yang mereka lakukan. Selain itu, mereka juga kerap terjun langsung ke daerah yang terdampak bencana di Sukabumi.

Seperti saat bencana banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, mereka terjun langsung memberikan donasi dikemas dalam program “INTI perduli Cicurug.”

“Kami turut prihatin atas terjadinya musibah yg menimpah saudara saudari kami di Cicurug. Semoga segala sesuatunya segera membaik,” demikian bunyi keterangan dalam unggahan foto foto aksi mereka pada 25 September 2020 lalu.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer