24.2 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Catatan Sejarah Transformasi PT Pegadaian, Satu-satunya BUMN yang Didirikan di Sukabumi

LIPSUSCatatan Sejarah Transformasi PT Pegadaian, Satu-satunya BUMN yang Didirikan di Sukabumi

sukabumiheadline.com l Warga Sukabumi, Jawa Barat, tentu banyak yang sudah tahu keberadaan Museum Pegadaian. Sebuah bangunan tua era kolonial yang hingga kini masih tegak berdiri di Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Bukan tanpa alasan Museum Pegadaian berada di Sukabumi, hal itu karena Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini merupakan satu-satunya perusahaan negara yang didirikan pertama kali di kota ini.

Informasi dihimpun, Museum Pegadaian diresmikan oleh Chandra Purnama selaku Direktur Utama Perum Pegadaian saat itu, sebelum kemudian berubah menjadi perseroan terbatas ata PT.

Cikal bakal didirikannya PT Pegadaian ini sendiri adalah pada tahun 1746 ketika VOC mendirikan Bank Van Leening, lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai.

Di tahun 1811, pemerintah Inggris mengambil alih dan membubarkan Bank Van Leening. Akhirnya, masyarakat diberi kebebasan untuk mendirikan usaha pegadaian sendiri.

Pegadaian Negara pertama kali didirikan pada tahun 1901 di Kota Sukabumi. Namun sayangnya, meskipun Pegadaian pertama kali didirikan di Kota Sukabumi, namun saat ini kantor pusat BUMN ini berada di Jakarta.

Padahal, banyak BUMN lain yang berkantor pusat di mana perusahaan tersebut pertama kali didirikan. Seperti halnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, dan PT Telkom yang berkantor pusat di Kota Bandung.

Untuk informasi, latar belakang didirikannya Pegadaian sendiri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil serta mendukung program pemerintah dalam bidang ekonomi dan pembangunan nasional.

Berikut adalah transformasi Pegadaian sejak didirikan pada 1746 hingga saat ini, dirangkum sukabumiheadline.com dari berbagai sumber.

Interior Museum Pegadaian di Kota Sukabumi. l Istimewa
Interior Museum Pegadaian di Kota Sukabumi. l Istimewa

Sejarah Pegadaian Era Kolonial Belanda 

Pada 1746 VOC mendirikan Bank Van Leening sebagai lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai.

Namun, sejak 1811 Pemerintah Inggris mengambil alih dan membubarkan Bank Van Leening, masyarakat diberi keleluasaan mendirikan usaha pergadaian.

Sejarah kemudian mencatat ketika pada 1901, didirikan Pegadaian milik negara pertama di Kota Sukabumi, yakni tepatnya pada tanggal 1 April.

Selanjutnya, pada 1905, Pegadaian berubah bentuk menjadi lembaga resmi, yakni Jawatan.

Pegadaian Era Revolusi 

Badan hukum dan bentuk perusahaan Pegadaian kemudian berubah lagi, dari Jawatan menjadi Perusahaan Negara atau PN, yakni pada 1961.

Perubahan tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 19 Tahun 1960 Jo Peraturan Pemerintah (PP) No. 178 Tahun 1961.

Hingga delapan tahun kemudian, atau pada 1969, kembali berubah bentuk perusahaan dan badan hukum dari PN menjadi Perjan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 Tahun 1969

Pegadaian Era Orde Baru 

Pada era Presiden Indonesia ke-2, atau sejak 1990 bentuk badan hukum Pegadaian berubah dari Perjan menjadi Perusahaan Umum atau Perum. Perubahan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 10 Tahun 1990 yang diperbarui dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 103 Tahun 2000.

Sebagian koleksi Museum Pegadaian di Kota Sukabumi. l Istimewa
Sebagian koleksi Museum Pegadaian di Kota Sukabumi. l Istimewa

Pegadaian Era Reformasi 

Pada era reformasi, perusahaan ini terus berkembang dengan berbagai layanan baru untuk membantu masyarakat Indonesia.

Hingga pada 1 April 2012, status Pegadaian sebagai Perum berubah menjadi Persero. Perubahan bentuk badan hukum ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 51 Tahun 2011

Selanjutnya, pada 2021, bentuk badan hukum Pegadaian kembali berubah dari Persero ke PT, yakni sejak 23 September 2021. Perubahan terkahir badan hukum Pegadaian ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 73 Tahun 2021.

Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero). l Istimewa
Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero). l Istimewa

Untuk informasi, Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero) saat ini berada di Jl. Kramat Raya No.162, RT.2/RW.2, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer