32 C
Sukabumi
Senin, Juni 24, 2024

Hamas Gencatan Senjata di Gaza, Hizbullah Tetap Gempur Israel dari Lebanon

sukabumiheadline.com l Milisi perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan...

Persib Pernah Rugi Rp18 Miliar, Glenn Sugita Bos Maung Bandung Berharta Rp29 Triliun

sukabumiheadline.com - Perjalanan Persib Bandung yang menjelma...

Dengan DNA 250 CC, Kawasaki Ninja Matic 160 Bakal Obrak Abrik Dominasi NMax dan PCX

sukabumiheadline.com l Pasar otomotif Indonesia kembali dihebohkan...

Dapat PMN Rp637 M, Waskita Target Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Kelar Akhir 2022

EkonomiDapat PMN Rp637 M, Waskita Target Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Kelar Akhir 2022

sukabumiheadline.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk fokus menyelesaikan proyek ruas Tol Ciawi-Sukabumi seksi 2 (Bocimi) dan ruas Cimanggis-Cibitung seksi 2 (CCT). Rencananya, kedua ruas tol itu selesai pengerjaannya pada akhir 2022.

Kedua ruas tol tersebut termasuk proyek yang mendapat tambahan suntikan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) 2021. SVP Corporate Secretary Perseroan Novianto Ari Nugroho mengatakan Bocimi adalah ruas tol yang menghubungkan antara Jakarta, Bogor, dan Sukabumi.

Tol Bocimi merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas kawasan sekaligus mendistribusikan lalu lintas antara Kota Jakarta dan Sukabumi, di mana akses jaringan jalan yang baru ini dapat menumbuhkan sektor pariwisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian serta menciptakan lapangan kerja.

“Ruas tol ini terletak pada Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Sukabumi yang termasuk dalam kawasan pengembangan wilayah dan berkaitan erat dengan upaya penyediaan infrastruktur transportasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di sekitarnya, pusat kegiatan industri, simpul transportasi, dan pusat jasa publik dengan skala beberapa Kabupaten,” ujarnya, Senin (19/9/2022).

Sementara, lanjut Novianto, Ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km adalah bagian dari JORR II, jalan lingkar luar yang dibangun untuk mengatasi beban over load JORR I yang membentang dari Cengkareng-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cimanggis-Cibitung-Cilincing sepanjang 110 km.

Novianto juga menambahkan bahwa kedua ruas tol ini akan segera selesai pekerjaannya di akhir tahun 2022.

“Untuk ruas tol Bocimi penyelesaian pembangunannya masih membutuhkan tambahan alokasi dana PMN 2022, tapi dipastikan tetap akan rampung pada Desember 2022,” kata dia.

Pada Jumat 16 September lalu Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ibu Hendrika Nora Osloi Sinaga memimpin langsung kunjungan kerja ke lokasi proyek dalam rangka monitoring dan evaluasi penyerapan dana PMN pada dua proyek tersebut.

Director of Operation II Bambang Rianto dan Director of Finance, & Risk Management Wiwi Suprihatno turut mendampingi rombongan. Diketahui, ruas Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 mendapat alokasi dana PMN 2021 sebesar Rp637 miliar melalui anak usaha Waskita Karya yaitu PT Waskita Toll Road (WTR) kepada PT Trans Jabar Tol (TJT).

Saat ini progres pembangunan telah mencapai 86,22% pada segmen Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km dan diproyeksikan akan selesai pada bulan Desember 2022.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer