25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Ilham Hadi, Bocah Perokok Asal Sukabumi yang Mendunia Sudah 3 Tahun Dipasung, Untung Ada…

SukabumiIlham Hadi, Bocah Perokok Asal Sukabumi yang Mendunia Sudah 3 Tahun Dipasung, Untung Ada...

sukabumiheadline.com l Ilham Hadi, bocah berusia 8 tahun asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sempat menjadi sorotan pada tahun 2012 lalu. Hal itu karena Ilham sudah kecanduan merokok sejak masih anak-anak.

Ilham adalah anak dari Agan Umar (35) dan Nenah (31) warga Kampung Karawang Girang RT 002/006, Desa Karawang, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kini 11 tahun berlalu, kondisi memprihatinkan malah dialami oleh Ilham. Pasalnya, menurut penuturan sang ibu, pihak keluarga terpaksa memasung Ilham lantaran sang anak kerap melakukan aksi pencurian.

Beruntung, seorang polisi bersedia membantu Ilham agar bisa sembuh dan hidup normal.

Seorang anggota Polres Lamongan bernama Aipda Purnomo kemudian mengunjungi rumah Ilham di Sukabumi untuk menawarkan bantuan.

Saat menemui Ilham, Purnomo dibuat kaget dengan kondisi remaja berusia 19 tahun itu. Ilham yang tinggal di rumah sederhana, dipasung di bagian kaki oleh keluarganya selama 3 tahun terakhir.

Ilham Hadi dan ibunya saat menerima Aipda Purnomo. l Istimewa
Ilham Hadi dan ibunya saat menerima Aipda Purnomo. l Istimewa

Purnomo pun kemudian mengajak Ilham agar mau ikut bersamanya dan mendapatkan pengobatan yang lebih layak. Tanpa ragu, Ilham pun bersedia untuk ikut bersama Purnomo.

“Jadi gini bu ini saya bawa surat itu harus ditandatangani semua. Yang saya rawat ini manusia nanti (khawatir) ada apa-apa, saya rawat gratis obatnya saya cukupi, makannya, tapi kan namanya umur kita enggak tahu,” jelas Purnomo dalam videonya.

“Ibu harus tanda tangan semua jadi nanti kalau ada apa-apa ibu enggak bisa nyalahin saya, tapi (ini anak akan saya jaga,” tambah dia.

Aipda Purnomo juga mengatakan bahwa ia dan tim-nya akan menjemput Ilham satu pekan setelahnya. Bahkan, setelah sembuh, Purnomo berjanji akan memberikan modal usaha untuk Ilham dan keluarganya agar memiliki penghasilan tambahan.

“Minggu depan saya jemput, hari ini saya kasih obat dulu harus diminum obatnya. Nanti di tempat saya uang jajan saya kasih, jajan bebas. Yang penting shalatnya dijaga,” kata Purnomo.

“Kalau sudah sehat nanti pak Purnomo kasih modal usaha. Mau buka usaha apa? Saya mau nanya, kira-kira modal usahanya berapa juta? Enggak papa berapa? Rp5 juta cukup?,” tambahnya.

Sekadar informasi, Aipda Purnomo merupakan anggota Polres Lamongan yang terkenal akan kepedulian sosialnya. Purnomo adalah orang di balik Yayasan Berkah Bersinar Abadi.

Yayasan Berkah Bersinar Abadi merawat orang-orang dalam gangguan jiwa yang dibuang oleh keluarganya, atau tak memiliki biaya untuk melakukan perawatan.

Sejak Kecil Ilham Hadi Sering Kabur

Untuk informasi, nama Ilham pernah mendunia sebab sorotan media Nasional dan luar negeri karena kecanduan merokok di usai belia yang tak biasa.

Ilham Hadi mengundang perhatian jurnalis Perancis. l Istimewa

Selain itu, pada 2012 silam, Ilham Hadi juga sempat membuat repot kedua orangtuanya karena harus mencari keberadaan Ilham ke sejumlah tempat. Hal itu karena Ilham pernah kabur dari rumah.

Bahkan, keluarga sampai melaporkan hilangnya Ilham ke Polres Sukabumi Kota. Ilham menghilang setelah sebelumnya dilaporkan sebagai bocah perokok dengan konsumsi dua bungkus rokok per hari.

Berbagai pemberitaan nasional membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi dan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bertindak.

Ilham kemudian diperiksa kesehatannya ke RSUD Sekarwangi, lalu dibawa oleh pihak Komnas PA ke Jakarta pada 20 Maret 2021 untuk menjalani rehabilitasi selama sebulan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer