26.8 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Indah dan Meliuk-liuk, Berwisata ke Sukabumi Bisa Lewat Tol Bocimi

EkonomiIndah dan Meliuk-liuk, Berwisata ke Sukabumi Bisa Lewat Tol Bocimi

sukabumiheadline.com l Selesainya pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) sangat dinantikan masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi, sebab kehadiran jalan tol tersebut dinilai berperan signifikan dalam meningkatkan pariwisata.

Salah satu potensi wisata lokal yang dinilai bakal melonjakkan jumlah kunjungan wisatawan dengan kehadiran jalan tol tersebut, adalah Kawasan Situ Gunung di kaki Gunung Gede Pangrango dan kawasan pantai di bagian selatan Sukabumi.

“Selain mempermudah akses ke area rekreasi, akses menuju beberapa wilayah seperti Pelabuhanratu pun semakin mudah,” terang Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (TJT) Anjar Kuswijanarko, seperti dilansir kompas.com, Jumat (13/08/2021).

Selain itu, akses ini berharap akan membuka pintu masuknya investasi ke daerah Sukabumi dan sekitarnya agar perekonomian penduduk sekitar dapat meningkat.

Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 km. (Biro Kementerian PUPR)

Saat ini, ruas yang menghubungkan Bogor-Ciawi-Sukabumi telah beroperasi sepanjang 15 kilometer, tepatnya Seksi 1 Ciawi-Cigombong. Kemudian, Seksi 2 Cigombong-Cibadak sedang dalam tahap konstruksi sepanjang 11,9 kilometer dengan progres mendekati 100% dan ditarget rampung akhir tahun 2021.

Sementara itu, Seksi III dan IV sedang dalam proses pembebasan lahan. Tuntasnya konstruksi Seksi II Cigombong-Cibadak diprediksi dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi hingga dua jam.

Salah seorang pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bidang kuliner, Moh. Rizky (20), menyambut baik kehadiran Jalan Tol Seksi 2, Cigombong-Cibadak.

Uniknya, ia menilai dibukanya exit toll Cibadak di wilayah Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, akan menambah titik kemacetan baru.

Sebagai pelaku UMKM kuliner, kedai kopi, tidak jauh dari exit toll Cibadak, Asep mengaku akan sangat diuntungkan. Menurutnya, jika terjadi kemacetan di exit toll, makan pembeli di kedai kopinya akan semakin bertambah.

“Senang banget, semoga cepat selesai aja, biar semakin ramai,” kata pramusaji Kedai Sukakopi itu kepada sukabumiheadline.com, Sabtu (14/8/2021).

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer