22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Kota-kota di Rusia dengan Penduduk Muslim Terpadat

KhazanahKota-kota di Rusia dengan Penduduk Muslim Terpadat

SUKABUMIHEADLINE.com l Rusia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki penduduk beragama Islam cukup banyak. Bahkan, Islam menjadi agama terbesar kedua setelah kristen ortodoks.

Menurut situs The Moscow Times, Ketua Dewan Mufti Rusia, Ravil Gainutdin memperkirakan pada kurun waktu 15 tahun mendatang, pertumbuhan Islam di Rusia akan terus berkembang dan bisa mencapai angka 30 persen dari populasi penduduk Rusia.

Menurut berbagai perkiraan, pada tahun 2018 yang lalu jumlah populasi Rusia mencapai 146, 8 juta jiwa. Dari angka tersebut, diperkirakan sekitar 14-20 juta orang diantaranya beragama Islam.

Adapun penduduk Muslim Rusia secara umum mendominasi tiga kota, yakni:

1. Moskow

Moskow menjadi salah satu tempat dengan perkembangan pesat umat Islam. Dilansir dari situs Al Jazeera, pada tahun 2015, dengan populasi berjumlah sekitar 12,5 juta penduduk, Moskow menjadi kota tempat tinggal bagi sekitar 1,5 juta warga muslim.

Menurut analis politik Rusia, Alexei Malashenko, angka tersebut merupakan angka terbesar dari populasi muslim di kota Eropa lainnya yang mayoritas penduduknya tidak didominasi muslim.

“Moskow perlahan-lahan beradaptasi untuk menjadi kota muslim terbesar di Eropa, dan umat Islam secara bertahap beradaptasi dengannya.” kata Malashenko kepada Al Jazeera.

Salah satu masjid terbesar di Moskow adalah Masjid Katedral Moskow. Masjid ini didirikan pada tahun 1904 sesuai rancangan arsitek Nikolay Zhukov. Masjid Katedral Moskow menjadi masjid tertua kedua setelah Moscow Historical Mosque yang dibangun pada 1828.

BACA JUGA:

Lebih Dari 40 Negara Minta China Buka Akses PBB Selidiki Kasus Muslim Uighur

2. St.Petersburg

Menurut data statistik, persentase muslim di Rusia berdasarkan Wilayahnya, Saint Petersburg memiliki sekitar 2,25 persen penduduk beragama Islam. Dilansir situs The Guardian, pada tahun 2015, tercatat sekitar 42.000 jamaah kedua masjid utama di kota St.Petersburg untuk melangsungkan sholat Idul Fitri. Salah satu masjid yang cukup terkenal di St.Petersburg adalah Masjid Saint Petersburg.

Dibuka pada 1913, masjid ini menjadi masjid terbesar di Eropa selain Turki dengan ketinggian menara sekitar 49 meter dan kubah setinggi 39 meter. Masjid ini bisa menampung hingga 5.000 jamaah. Uniknya adalah masjid ini dikenal rakyat Indonesia sebagai Masjid Soekarno.

Alasannya adalah ketika Soekarno mengunjungi Rusia pada 1956, dia berkunjung ke beberapa kota termasuk St.Petersburg. Soekarno melihat sebuah bangunan yang dia kira adalah masjid, namun saat itu digunakan sebagai gudang medis.

Setelah kembali dari St.Petersburg, Soekarno meminta izin kepada pemimpin Uni Soviet, Khrushchev agar masjid tersebut difungsikan kembali sebagai tempat ibadah umat Islam.

Permintaan Soekarno dikabulkan walaupun dengan berat hati karena Khrushchev dikenal sangat anti agama.

3. Kazan

Kazan merupakan ibukota dari Tatarstan sekaligus menjadi salah satu kota terbesar di Rusia. Selain itu, kota yang terkenal dengan klub sepak bola Rubin Kazan, itu juga terkenal sebagai kota dengan keberagaman agama.

Ada sebuah bangunan bernama Universal Temple yang terdiri dari berbagai tempat ibadah dari agama-agama yang berbeda, mulai dari gereja, hingga Masjid.

Kazan menjadi salah satu kota di Rusia dengan penduduknya yang beragama Islam. Menurut Carnegie Moscow Center, di Tatarstan terdapat sekitar 53 persen penduduk yang beragama Islam.

Selain itu, pada 2010, Rosstat (badan statistik Rusia) menerbitkan data yang menunjukan kelompok muslim terbesar di Rusia ada di Tatarstan, Bashkirs, dan Chechnya.

Selain itu, beberapa masjid megah juga berada di Kota Kazan ini, seperti Qolsharif Mosque dan Bulgar Mosque. Kedua masjid tersebut menjadi pusat ibadah umat Islam di Kazan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer