23 C
Sukabumi
Kamis, April 25, 2024

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Menelisik daya tarik mistis Batu Buruy Gunung Sunda Sukabumi

Gaya hidupMenelisik daya tarik mistis Batu Buruy Gunung Sunda Sukabumi

sukabumiheadline.com – Kabupaten Sukabumi merupakan salah daerah di Jawa Barat yang memiliki beragam objek wisata yang menari untuk dikunjungi. Selain karena keindahan pemandangannya, juga karena objek wisata tertentu diyakini menyimpan banyak mitos dan misteri.

Salah satu gunung yang menarik perhatian adalah Gunung Sunda, sebuah puncak megah di bawah langit biru Tatar Pasundan. Meski terkenal dengan keindahannya yang memukau, Gunung Sunda juga menyimpan sejumlah mitos dan misteri yang menjadi bagian dari sejarah dan budaya setempat.

Salah satu mitos yang beredar di masyarakat, yakni keberadaan pesantren gaib yang di pimpin oleh Eyang Haji Raden Suryakencana dengan para santrinya dari bangsa Jin. Sehingga konon, para jawara yang hendak menaikan ilmu kesaktian harus ikut di pesantren gaib tersebut. Baca lengkap: 5 Misteri, Mitos dan Fakta Gunung Sunda Sukabumi

Wisata Gunung Sunda Sukabumi adalah salah satu bukit yang tidak jauh dari Kota Sukabumi. Lokasi ini juga menjadi salah satu spot wisata karena memiliki pemandangan alam yang indah.

Memiliki ketinggian 600-700 mdpl Gunung Sunda Sukabumi , Lokasinya tepatnya berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Gunung atau perbukitan yang terbentuk dari batuan pasir kuarsa dengan kemiringan lereng lebih dari 40% dan memiliki luas -+150 ha itu menjadi daerah resapan air dan sumber mata air bagi beberapa perkampungan yang mengelilingi gunung tersebut.

Wisatawan banyak yang sengaja datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati keindahan alamnya. Pemandangan dari atas Gunung Sunda bisa terlihat jelas Gunung Gede Pangrango serta Gunung Salak yang tinggi menjulang.

Batu buruy
Menelisik daya tarik mistis Batu Buruy Gunung Sunda Sukabumi. – Istimewa

Tak hanya itu, salah satu daya tarik di Gunung Sunda yaitu adanya bebatuan yang melegenda salah satunya Batu Buruy. Disebut Batu Buruy karena batu tersebut menyerupai bentuk kecebong atau dalam bahasa Sunda “butuh”.

Hal ini dikarenakan di tengah batu terdapat sebuah lobang yang selalu terisi air dan di dalamnya hidup buruy atau kecebong. Batu Buruy sendiri terletak di sisi sebelah barat yang berada tidak jauh dari puncak Gunung Sunda.

Konon, salah satu cerita mistis yang beredar di masyarakat tentang batu ini yaitu dahulu pernah ada warga yang pergi ke Batu Buruy kemudian orang tersebut menghilang yang diyakini dibawa ke suatu kerajaan gaib sebelum akhirnya dikembalikan lagi di Batu Buruy itu.

Berita Terkait: Wisata ke Gunung Sunda, Menjaga Alam Menjaga Sukabumi

Selain Batu Buruy, di sekitar Gunung Sunda juga terdapat beberapa batu purba lain yaitu Batu Lulumpang, Batu Kasur dan Batu Bilik yang juga menjadi daya tarik tempat tersebut, dan hingga saat ini masih bisa ditemui di atas Gunung Sunda.

Hal itu menjadi daerah resapan air dan sumber mata air bagi beberapa perkampungan yang mengelilingi Gunung tersebut di bawahannya.

Diketahui Gerbang utama menuju Gunung ini berada di Kampung Jambelaer, sekira 3 km dari Kantor Polsek Cisaat, Polres Sukabumi Kota.

Baca Juga: Kerap Dikaitkan dengan Prabu Siliwangi, 5 Fakta Harimau Sunda Nyata Ada dan Nyaris Punah

Nah, Untuk menaikinya ke arah Puncak Gunung Sunda, diperlukan waktu rata rata 10 menit untuk sampai. Pemandangan dari Puncak Gunung Sunda di sebelah utara nampak terlihat jelas Gunung Gede Pangrango serta hamparan permukiman warga yang memesona.

Namun, ternyata di balik keunikan dan keindahan panorama yang disuguhkan Gunung Sunda, banyak terdapat cerita mistis yang dipercayai warga setempat.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer