22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Jadwal, Rute dan Tarif DAMRI Sagaranten, Tegalbuleud, Surade dan Palabuhanratu

sukabumiheadline.com l DAMRI terus memperkuat konektivitas dengan...

Mengetahui 5 Fakta Menarik tentang Sukabumi

LIPSUSMengetahui 5 Fakta Menarik tentang Sukabumi

sukabumiheadline.com l Sukabumi, sebuah wilayah di Jawa Barat yang menyimpan banyak hal menarik. Sukabumi terbagi ke dalam dua wilayah administratif, yakni Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Berikut adalah 5 hal menarik tentang Sukabumi dirangkum sukabumiheadline.com dari berbagai sumber.

1. Asal Usul Nama Sukabumi

Nama “Sukabumi” berasal dari bahasa Sunda yaitu “sukabumian” yang dapat diartikan sebagai kawasan yang punya udara sejuk sehingga banyak orang yang sukabumiin atau menetap.

Selain itu, nama Sukabumi juga berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “suka” yang berarti kesenangan, kebahagiaan, dan kesukaan serta “bumi” yang berarti bumi. Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka Sukabumi berarti bumi kesukaan atau bumi kebahagiaan.

2. Kota Terkecil Ketiga di Jawa Barat dan Kabupaten Terluas Kedua di Pulau Jawa-Bali

Kota Sukabumi merupakan kota terkecil ketiga di Jawa Barat setelah Kota Cirebon dan Kota Cimahi dengan luas wilayah 48,33 km2. Secara geografis, Sukabumi terletak di bagian Selatan Jawa Barat tepat di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang ketinggiannya mencapai 584 meter di atas permukaan laut dan berjarak 120 km dari ibukota negara yaitu Jakarta atau 96 km dari ibukota provinsi Jawa Barat yakni Bandung.

Sedangkan, Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali dengan luas wilayah seluas 4.145 km2. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor di sebelah utara, Kabupaten Cianjur di sebelah timur, Kabupaten Lebak di sebelah barat, dan Samudra Hindia di sebelah selatan.

Kabupaten Sukabumi terdiri dari 47 Kecamatan dan 381 desa, terlihat bahwa Kecamatan Ciomas merupakan kecamatan terluas yaitu 314,14 km2.

3. Memiliki Sekolah Pendidikan Polisi Nasional Tertua

Sukabumi juga memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan dan kepolisian. Kota ini memiliki lembaga pendidikan polisi nasional tertua yaitu Sekolah Pembentukan Perwira atau STUKPA Polri. STUKPA Polri telah berulang kali mengalami perubahan nama.

Pada masa penjajahan Belanda, STUKPA diberi nama Politis Sekolah tersebut menjadi pusat sekolah polisi Nusantara pertama dan terbesar pada masanya. Selain itu, rumah pengasingan Bung Hatta dan Sutan Syahrir juga terletak di Sukabumi.

4. Memiliki Pabrik Keju Berkualitas Dunia 

Tidak hanya itu, Sukabumi juga memiliki industri keju berkualitas dunia. Pabrik pembuat keju bernama Natura Gouda ini terletak di Bukit Baros di kawasan Kampung Ciwis, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Baca lengkap: Mengenal Produk Makanan dari Sukabumi yang Mendunia

Pabrik ini sudah berdiri sejak 1983 dan memiliki luas sekitar 26 hektar. Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam di Bukit Baros seperti hutan pinus, kebun teh, dan pemandangan menarik lainnya.

5. Memiliki Makanan Khas yang Terkenal

Terakhir, Sukabumi memiliki makanan khas yang terkenal yaitu mochi. Mochi terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diberi isian. Baca lengkap: Asal-usul Mochi Sukabumi hingga Masuk Warisan Budaya Tak Benda 2022

Kue ini memiliki banyak varian rasa yang beragam dan menggugah selera. Bahkan, kue mochi telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh pemerintah provinsi Jawa Barat dan nasional pada 30 September 2022 lalu.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer