25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Profil dan Biodata Syafii Antonio, Ahli Perbankan Syariah Indonesia asal Sukabumi

KhazanahProfil dan Biodata Syafii Antonio, Ahli Perbankan Syariah Indonesia asal Sukabumi

sukabumiheadline.com l Syafii Antonio adalah seorang ahli perbankan syariah Indonesia. Selain itu, dia juga dikenal sebagai pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tazkia.

Syafii lahir di Sukabumi, 12 Mei 1967, ia merupakan warga Indonesia keturunan Tionghoa. Karenanya, sejak kecil Syafii mengenal ajaran Konghucu, karena ayahnya menjadi pendeta konghucu . Nama aslinya adalah Nio Cwan Chung.

Setelah memeluk Islam, ia menggunakan nama Muhammad Syafii Antonio.

Dalam riwayat pendidikannya, setelah lulus SMA, Syafii melanjutkan pendidikan ke ITB dan IKIP. Namun, kemudian dia pindah IAIN Syarif Hidayatullah. Tak lama berselang, dia pindah ke University of Yourdan (Yordania).

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya, Syafii Antonio melanjutkan ke jenjang S2 di International Islamic University (IIU) Malaysia. Di sana dia mempelajari ekonomi Islam.

Selepas menuntaskan pendidikannya, dia bekerja dan mengajar di beberapa perguruan tinggi. Selain itu, Syafii Antonio juga aktif di Yayasan Haji Karim Oei dan membantu saudara-saudara muslim Tionghoa. Di yayasan tersebut, dia membantu para mualaf untuk mendapatkan pembinaan dan bimbingan terkait ajaran Islam.

Pada 2004, dia berhasil meraih gelar Doktor Banking and Microfinance dari University of Melbourne. Dikutip dari laman Institut Tazkia, Syafii mulai terjun ke dunia perbankan syariah selepas menyelesaikan pendidikannya. Kala itu, dia pernah bertemu delegasi Indonesia yang akan mendirikan bank syariah.

Setelahnya, dia bergabung dengan Bank Muamalat yang menjadi bank dengan sistem syariah pertama di Indonesia. Dua tahun berselang, Syafii Antonio mendirikan Asuransi Takaful dan diikuti reksadana syariah.

Sekira empat tahun bersama Bank Muamalat, dia mundur dan mendirikan Tazkia Group yang memiliki beberapa unit usaha dengan mengembangkan bisnis dan ekonomi syariah.

Sepak terjangnya di dunia perbankan syariah, Syafii memiliki sederet prestasi membanggakan. Melalui Batasa Tazkia Consulting, dia membantu pertumbuhan 14 Unit Usaha Perbankan Syariah dan 7 lembaga asuransi syariah, juga melatih lebih dari 6.000 praktisi keuangan.

Syafii Antonio juga pernah menjadi Komite Perbankan Syariah Bank Indonesia, Shariah Advisory Council Bank Sentral Malaysia, serta Global Shariah Board al-Mawarid DUBAI.

Syafii juga turut menempati posisi sebagai Advisor/Dewan Pengawas di Bank Syariah Mandiri, Takaful, Bank Mega Syariah, Schroders Investment Manager dan PNM.

Hingga kini, ia juga telah menerbitkan 12 buku tentang Perbankan Syariah, Leadership dan Manajemen.

Biodata Syafii Antonio

Selain aktif dalam pengembangan perbankan syariah dan bidang pendidikan, Syafii Antonio juga aktif di Yayasan Haji Karim Oei yang membantu Muslim Tionghoa.

Di bidang pendidikan, selain aktif di STIE Tazkia, Syafii Antonio juga tengah mengembangkan Andalusia Islamic Center di Sentul City, di atas lahan seluas 2,5 hektare sebagai sarana dakwah, pendidikan dan silahturahmi. Syafii Antonio menikah dengan Hajjah Mirna Rafki.

Syafii Antonio mengakhiri jabatannya sebagai Ketua/Rektor STEI Tazkia pada November 2017, tetapi masih tetap menjabat sebagai salah satu pendiri.

Pada Februari 2023, Syafii Antonio dikukuhkan sebagai guru besar/profesor dalam bidang ekonomi syariah pada Institut Agama Islam Tazkia. Ia menjadi guru besar pertama kampus tersebut sejak didirikan pada tahun 2001.

Pendidikan

  1. Sarjana bidang Syariah dan Hukum, University Jordan, tahun 1990
  2. Master of Economic, International Islamic University, Malaysia, tahun 1992
  3. Doktor Banking & Micro Finance, University Melbourne, Australia, tahun 2004

Karier

  1. Komite Ahli Pengembangan Perbankan Syariah Bank Indonesia
  2. Dewan Komisaris Bank Mega Syariah Indonesia
  3. Anggota Dewan Pengawas Syariah Bank Syariah Mandiri
  4. Anggota Dewan Pengawas Syariah Asuransi Takaful
  5. Anggota Dewan Pengawas Permodalan Nasional Madani
  6. Anggota Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia
  7. Pimpinan STIE Tazkia

Penghargaan

Beberapa penghargaan yang pernah diterima:

  1. Syariah Award oleh Bank Indonesia, Majelis Ulama Indonesia, dan Bank Muamalat Indonesia, tahun 2003
  2. Anti Corruption and Good Corporate Award, Kementerian PAN-Reformasi Birokrasi, tahun 2007
  3. Arab Asia Finance recognition Award, Arab Asia Finance Forum, tahun 2008
  4. Australian Alumni Award (Business Leadership category), Government of Australia, tahun 2009
  5. IBF Award (best selling book: Muhammad SAW The Super Leader Super Manager), tahun 2009
  6. IDB Prize Nominee mewakili Indonesia, Kementerian Keuangan
    Nominator King Faisal International Prize, 2011

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer