27.4 C
Sukabumi
Kamis, Juni 13, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Profil dan harta Ilham Habibie, putra Presiden ke-3 RI akan maju Pilgub Jawa Barat 2024

PolitikProfil dan harta Ilham Habibie, putra Presiden ke-3 RI akan maju Pilgub Jawa Barat 2024

sukabumiheadline.com – Putra Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Habibie, diusung Partai NasDem untuk maju kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024.

Mulanya, Ilham mengaku tak tertarik dengan aktivitas politik praktis. Dia menyebut minatnya pada dunia politik tergolong baru, hingga akhirnya dia mencoba berdiskusi dengan beberapa orang.

“Jadi saya waktu itu diskusi sama saudara, mereka katakan kepada saya atau satu orang sebetulnya, ‘Kenapa ya, Ham, kamu enggak mencoba jadi gubernur?’ DKI waktu itu ya. Saya bilang, ‘Wah saya kan bukan orang politik.’ Begitu saya bilang,” cerita Ilham di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024) kemarin.

Namun, Ilham mengaku mendapat pencerahan dari teman bicaranya mengenai figur baru pada kancah perpolitikan. Selanjutnya, ia berdiskusi dengan lebih banyak orang perihal itu hingga akhirnya mendapat peluang dan kecocokan untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Jabar 2024 melalui NasDem.

“Saya mulai berdiskusi dengan banyak orang, karena ide itu berkembang di benak saya. Kemudian enggak tau bagaimana, keliatannya saya ada peluang melalui Nasdem,” kata Ilham.

Ia mengaku proses pendekatannya, alias PDKT dalam bahasa gaul, dengan Partai NasDem terbilang singkat. Pendekatan, kata dia, hanya berkisar waktu tiga pekan.

“Jadi rupanya begitu di NasDem itu mulai kita diskusi, itu cepat sekali ada komitmen dan akhirnya juga cocok dari sisi pemikiran dan lain sebagainya sehingga kita sekarang hari berada disini ya dalam waktu tiga pekan,” katanya.

“Ini perkembangan turbo. Tapi memang begitu, saya juga banyak kalau lihat hal-hal lain yang terjadi dalam hidup saya dan orang lain memang begitu kita tidak tahu menau, tahu-tahu ‘wow‘ begitu ya kita berada di satu posisi yang sebelumnya kita tidak menyangka bahwa kita akan menjadi seperti itu,” imbuhnya.

Dia membeberkan, dalam menyongsong Indonesia Emas maka ekonomi harus tumbuh hingga 8 persen. Menurut Ilham, itu hanya bisa dicapai jika Indonesia mampu memperkuat sektor industri.

“Industri adalah hal yang utama kenapa saya katakan begitu? Karena kalau kita lihat contoh di Asia Timur dan Tenggara, negara lain yang maju yang keluar dari kita sampaikan sebagai middle income atau perangkap berpendapatan menengah itu semuanya lewat industri,” ujar dia.

Adapun, alasan Ilham Habibie mau menerima pinangan NasDem maju Pilgub Jabar adalah karena dia ingin memajukan sektor industri di Jabar. Dia ingin memajukan daerah yang disebutnya sebagai ujung tombak ‘Indonesia Emas’ ini.

“Tapi industri itu tidak jatuh dari langit itu harus dikembangkan. Itu adalah komitmen puluhan tahun kalau kita liat negara Tiongkok itu berinvestasi apa saja bukan ke teknologi. Kalau kita ke luar negeri, ke universitas-universitas banyak sekali orang Chinese yang kuliah, yang diperlukan untuk negaranya seperti teknologi, engineering, sains, ada juga yang bisnis,” sambungnya.

Profil dan biodata Ilham Habibie

Ilham Habibie, adalah seorang tokoh berdarah Gorontalo, marganya adalah Habibie. Pria dengan nama lengkap Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A. lahir di Aachen, Jerman, pada 16 Mei 1963.

Pria yang juga dikenal sebagai pakar penerbangan ini adalah anak pertama dari pasangan Hasri Ainun Habibie dan B. J. Habibie, Presiden Indonesia ke-3, periode 1998–1999.

Biodata Ilham Habibie

  • Ilham Akbar Habibie
  • Pekerjaan: Insinyur dan Pendiri dan Pemilik Ilthabi Rekatama
  • Kekayaan bersih: US$330 juta (2019)
  • Orang tua: B. J. Habibie dan Hasri Ainun Besari
  • Istri: Insana Abdul Aziz
  • Anak: Nadia Habibie, Muhammad Pasha Nur Fauzan Habibie, dan Tifani Mutiarahati Rahima Tahira Habibie.
  • Melalui PT Regio Aviasi Industri, ia membidani Program Regio Prop, proyek pesawat komersial buatan dalam negeri yang merupakan pengembangan dari N-250. Ia menggandeng Erry Firmansyah, mantan direktur utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), untuk membangun perusahaan PT Regio Aviasi Industri (RAI). Mewarisi kecerdasan orang tuanya, Ilham Habibie berusaha keras melaksanakan impian ayahnya agar Indonesia terus membuat pesawat terbang sendiri.
  • Riwayat pendidikan: 1969–1973: Elementary School Windmuehlenweg, Hamburg, Jerman Barat, 1973–1981: High School Hochrad, Hamburg, Jerman Barat, 1981–1986: Universitas Teknik München, Jerman Barat (Faculty of Mechanical Engineering, Sub-Faculty Aeronautical Engineering), 1987: Diploma–Ingenieur (Universitas Teknik München, Jerman Barat) dengan predikat cum laude, 1994: Doktor–Ingenieur (Universitas Teknik München, Jerman) dengan predikat summa cum laude, 1999: International Executive Program, INSEAD, Fontainbleau, France, and Singapore, 2003: Master of Business Administration (School of Business, Universitas Chicago)
  • Riwayat pekerjaan: Boeing: 1994–1996, Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia, Ketua Dewan TIK Nasional, Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Presiden Direktur PT ILTHABI Bara Utama, CEO di PT ILTHABI Rekatama, Komisaris PT Pollux Barelang Mega Superblok Meisterstadt Batam
  • Organisasi: Ketua Presidium ICMI 2010–2015, Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) 2012–2017, 2018–2023
  • Penghargaan: Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer