25.2 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Profil Sigrid Kaag, Tanggalkan Jabatan Wakil Perdana Menteri Belanda Demi Warga Gaza

InternasionalProfil Sigrid Kaag, Tanggalkan Jabatan Wakil Perdana Menteri Belanda Demi Warga Gaza

sukabumiheadlline.com l Sigrid Kaag, seorang politisi Belanda dan diplomat veteran PBB, akan memimpin upaya badan internasional tersebut untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza yang dilanda perang.

Keputusan diambil setelah Sekretaris Jenderal PBB menunjuk Kaag untuk mengisi posisi yang dibuat bulan ini dalam sebuah terobosan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dalam postingannya di X, Kaag mengatakan bahwa dia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri keuangan dan wakil perdana menteri Belanda untuk mengambil peran sebagai Koordinator Senior Kemanusiaan dan Rekonstruksi PBB untuk Gaza.

“Perdamaian, keamanan, dan keadilan selalu menjadi motivasi saya. Saya menerima tugas khusus ini dengan harapan dapat berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik,” seperti diberitakan CNN.

Penunjukan tersebut, yang akan mulai berlaku pada tanggal 8 Januari, terjadi ketika kondisi di daerah kantong Palestina yang terkepung mencapai tingkat “mimpi buruk”, seperti yang diungkapkan oleh kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setelah kunjungannya baru-baru ini.

Kekurangan listrik dan obat-obatan telah membuat sebagian besar rumah sakit tidak berfungsi, dan risiko kelaparan membayangi penduduk Gaza, kata organisasi kemanusiaan.

Sejak perang dimulai pada 7 Oktober setelah serangan teror Hamas, Israel mengizinkan sejumlah truk untuk membawa bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui penyeberangan Rafah di Mesir.

PBB menggambarkan jumlah ini sebagai jumlah kecil yang gagal memenuhi kebutuhan penduduk yang berjumlah lebih dari 2 juta jiwa.

Profil Sigrid Kaag

Sigrid Agnes Maria Kaag adalah seorang diplomat dan politikus Belanda. Dia adalah anggota dari Demokrat 66. Kaag dibesarkan di Zeist. Ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan dalam kabinet Rutte ketiga dari 26 Oktober 2017 sampai 10 Agustus 2021.

Ia lahir 2 November 1961 (usia 62 tahun), di Rijswijk, Belanda. Politikus Partai Demokrat 66 itu kemudian menikah dengan Anis al-Qaq pada 1993.

Lulusan Universitas Exeter (1988) dan Kolese St Antony (1987), ini sebelumnya pernah menjabat Menteri Luar Negeri Belanda (2021–2021), dan mengemban jabatan Wakil Perdana Menteri Belanda sejak 2022.

Diplomat Berpengalaman Pandai Berbahasa Arab 

Kaag dikenal sebagai diplomat berpengalaman. Dalam pidatonya bulan lalu, Kaag menekankan perlunya “bantuan kemanusiaan yang memadai” untuk mencapai Gaza.

“Hak Israel untuk hidup dan haknya untuk mempertahankan diri sudah jelas bagi kami. Namun di masa-masa sulit ini, tindakan perang harus mematuhi hukum internasional dan hukum perang kemanusiaan untuk menghindari korban sipil yang tidak bersalah dan memungkinkan bantuan kemanusiaan yang memadai dapat diberikan tepat waktu,” katanya.

Kaag sebelumnya bekerja di isu-isu Palestina sebagai pejabat senior di Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat.

Dia kemudian menjabat sebagai Asisten Sekretaris Jenderal Program Pembangunan PBB dan, dari tahun 2015 hingga 2017, sebagai Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon, menurut biografi yang disediakan oleh PBB.

Menanggapi penunjukan tersebut, seorang pejabat pemerintah Belanda mengatakan kepada CNN bahwa Kaag dipandang “sangat cocok” untuk peran tersebut.

“Dia adalah seorang diplomat yang sangat berpengalaman, mengetahui Timur Tengah dengan baik dan juga berbicara bahasa Arab. Sebelum dia pergi ke Belanda untuk berkarir politik, dia juga merupakan utusan PBB yang bernegosiasi dengan Assad mengenai penyerahan senjata kimia Suriah,” kata pejabat itu.

“Tenggat waktu yang hampir mustahil,” berarti “kita tidak bisa menyia-nyiakan waktu sedetik pun,” kata Kaag kepada pewawancara Harvard pada tahun 2014.

“Kami menyampaikan pesan, dalam misi, mencari hasil yang dapat Anda ukur.”

Kaag kemudian memegang berbagai posisi dalam politik elektoral Belanda, memimpin partai sosial liberal D66 meraih kemenangan dalam pemilu tahun 2021, dan menjabat di berbagai posisi kabinet, termasuk sebagai menteri luar negeri dan menteri perdagangan dan kerja sama pembangunan.

Masa jabatannya sebagai menteri luar negeri hanya berlangsung beberapa bulan; dia mengundurkan diri pada September 2021 setelah mayoritas parlemen Belanda mengatakan dia salah menangani evakuasi Kabul pada musim panas itu setelah Taliban menguasai negara itu.

Dia mengatakan pada bulan Juli bahwa dia berencana untuk meninggalkan politik, menggambarkan lingkungan intimidasi dan ancaman online yang “beracun”.

“Ini menjadi serangkaian penghinaan yang dimaksudkan untuk menjelek-jelekkan Anda, untuk mendekonstruksi Anda,” katanya pada acara Dewan Hubungan Luar Negeri pada bulan September.

“Jika hal ini terus berlanjut dan dibiarkan, maka akan mengikis nilai demokrasi kita.”

Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot menyebutnya sebagai “orang yang tepat untuk peran yang menantang ini” mengingat “pengetahuannya yang luas” dan “pengalaman (diplomatik) yang sangat luas.”

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan @SigridKaag dalam peran baru ini – dan untuk mendukung upayanya untuk menyederhanakan dan mempercepat upaya penyelamatan nyawa PBB di Gaza.

Tidak ada waktu yang terbuang,” tulis Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield di X.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer