26.8 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Terbaru untuk Dua Desa di Sukabumi, Intip Interior, Spek, Kelengkapan dan Harga Maskara

LIPSUSTerbaru untuk Dua Desa di Sukabumi, Intip Interior, Spek, Kelengkapan dan Harga Maskara

sukabumiheadline.com l Dua desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menerima Mobil Maskara atau akronim dari Mobil Aspirasi Kampung Juara. Kedua desa tersebut, adalah Cibatu, Kecamatan Cisaat dan Sundawenang, Kecamatan Parungkuda.

Informasi dihimpun, kedua desa tersebut bukanlah yang pertama di Sukabumi menerima mobil tersebut dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Setidaknya, ada 8 desa lain di Sukabumi yang lebih dulu menerima mobil dengan ciri khas warna dasar putih itu.

Adapun, 8 desa lain yang sudah lebih dulu menerima Maskara, adalah Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug dan Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja. Kemudian, Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda dan Desa/Kecamatan Warungkiara.

Lalu, Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak dan Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu. Selanjutnya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok dan Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.

Lantas, apa sebenarnya kriteria desa sehingga layak diberi Maskara? Bagaimana spek, kelengkapan dan berapa harga per unitnya? Berikut sukabumiheadline.com merangkumnya dari berbagai sumber.

Apa Itu Maskara?

Maskara adalah kendaraan yang didesain untuk mempermudah mobilitas dalam menunjang produktivitas di kampung-kampung, Pemprov Jawa Barat sejak 2019 me-launching mobil serba guna untuk membangun semangat gotong royong di desa.

Maskara diklaim sebagai inovasi Pemprov untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kepala desa (kades) yang mengelola Maskara bagaimana mobil multi fungsi tersebut difungsikan untuk berbagai hal sesuai kebutuhan desa.

Dari mulai mengangkut hasil pertanian, hiburan, dan Pondok Bersalin Desa atau Polindes. Bahkan, saat bencana banjir di Cirebon beberapa waktu lalu, Maskara ikut dilibatkan di lokasi.

Selain itu, Maskara juga dapat difungsikan sebagai sarana hiburan seperti layar tancap, hajatan dan poliklinik.

Kendaraan ini juga multifungsi yang bisa digunakan oleh desa-desa yang sudah maju dan mandiri. Harapannya agar desa tersebut terus berkembang dan menjadi motivasi untuk desa lain di Jawa Barat.

Interior dan kelengkapan Mobil Maskara. l Istimewa
Interior dan kelengkapan Mobil Maskara. l Istimewa

Sementara menurut Kades Sundawenang, Wahid, Maskara yang juga diterima oleh desanya bukan hanya untuk digunakan sebagai pendukung kegiatan pada umumnya maupun keadaan darurat seperti bencana. Maskara juga dapat digunakan untuk kebutuhan pengajian dan sosialisasi program pemerintah.

“Maskara juga bisa digunakan sebagai sarana pendukung kegiatan kerohanian di desa kami, sehingga sangat bermanfaat bagi desa. Kami akan memanfaatkannya semaksimal mungkin,” kata Wahid kepada sukabumiheadline.com, Selasa (4/7/2023).

“Mobil ini juga bisa digunakan oleh ibu-ibu PKK untuk kegiatan atau sosialisasi program pemerintah di desa kami,” imbuhnya.

Lantas, bagaimana sebuah desa agar bisa mendapatkan Maskara dari Pemprov Jawa Barat? Baca lengkap: Syarat dan Cara Desa di Sukabumi Bisa Mendapatkan Mobil Maskara

Fasilitas Pendukung Maskara 

Eksterior dan kelengkapan Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com
Eksterior dan kelengkapan Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com

Wahid menambahkan, Maskara juga dilengkapi seperangkat alat sound system, layar proyektor, dua buah kursi, dan genset.

Interior dan kelengkapan Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com
Interior dan kelengkapan Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com

Spesifikasi Maskara 

Maskara memilih Isuzu Traga sebagai platform kendaraan serbaguna. Isuzu Traga merupakan ­pickup dengan tampilan kokoh layaknya truk kecil.

Namun, meskipun berdaya mesin kecil, mobil ini memiliki torsi sangat besar, sehingga tenaga bawahnya tidak perlu diragukan lagi. Terlebih, bahan bakar yang digunakannya adalah Diesel, sehingga perawatannya lebih mudah dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin.

Dengan transmisi manual lima percepatan, mobil ini dapat dipacu dalam kecepatan tinggi di jalan tol.

  • Tipe Mesin: 4 Silinder, Direct Injection Turbocharger
  • Kapasitas Silinder: 2.499cc
  • Diameter x Langkah: 93 mm x 92 mm
  • Daya Maksimum: 80hp/3.500rpm
  • Torsi Maksimum: 19.5Kgm/3.500rpm
  • Daya angkut maksimum: 3 ton.
  • Panjang Kendaraan: 4.520 mm
  • Lebar Kendaraan: 1.705 mm
  • Tinggi Kendaraan: 1.985 mm
  • Jarak Poros Roda: 2.250 mm
  • Jarak Pijak Depan: 1.460 mm
  • Jarak Pijak Belakang: 1.460 mm
  • Sasis, Ban, dan Rem Isuzu Traga
  • Suspensi Depan: Double Wishbone Coil Spring
  • Suspensi Belakang: Leaf Spring Type
  • Ukuran Ban: 195R14-8PR
  • Rem Depan: Ventilated Disc
  • Rem Belakang: Drum, Leading & Trailing.
Interior dan kelengkapan Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com
Interior dan kelengkapan Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com

Interior Isuzu Traga

Berbekal kaca lebar yang dapat kita lihat dari luar, pemandangan dari dalam juga terlihat sangat besar untuk ukuran sebuah mobil. Ini adalah hal yang paling didambakan oleh para pengemudi mobil pickup, karena mereka tidak memiliki fitur sensor parkir, dan butuh ketepatan dalam melakukan parkir tanpa menabrak sesuatu.

Begitu juga ketika sedang melakukan pengantaran, mobil harus bergerak secepat dan seaman mungkin dalam segala kondisi jalanan.

Interior dari Isuzu Traga tampil dengan warna coklat susu. Interior mobil juga dilengkapi radio dan konektivitas CD, lalu panel kontrol AC, cup holder di bagian samping kanan dan kiri, membantu pengemudi agar tidak susah untuk mengambil minum.

Interior bagian kemudi Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com
Interior bagian kemudi Mobil Maskara. l sukabumiheadline.com

Fitur Keamanan Isuzu Traga

Untuk fitur keamanan, Isuzu Traga sudah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan standar bagi pengemudi dan kernet. Peralatan ini seperti sabuk pengaman tiga titik, emisi sudah lolos Euro2 yang ramah lingkungan dan lampu hazard.

Harga OTR Jakarta

Adapun, dilansir situs resminya, Isuzu Targa dibandrol seharga Rp223 Juta – Rp272 Juta per unit.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer