32 C
Sukabumi
Senin, Juni 24, 2024

Hamas Gencatan Senjata di Gaza, Hizbullah Tetap Gempur Israel dari Lebanon

sukabumiheadline.com l Milisi perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan...

Persib Pernah Rugi Rp18 Miliar, Glenn Sugita Bos Maung Bandung Berharta Rp29 Triliun

sukabumiheadline.com - Perjalanan Persib Bandung yang menjelma...

Juara Liga 1, Persib Bandung wakil Indonesia di kompetisi Asia

sukabumiheadline.com - AFC Champions League Two adalah...

Warga Sukabumi, Inggris akan Dirikan Lancaster University di Jawa Barat Lho

NasionalWarga Sukabumi, Inggris akan Dirikan Lancaster University di Jawa Barat Lho

SUKABUMIHEADLINE.com l Warga Jawa Barat (Jabar) akan memiliki banyak pilihan dalam menentukan masa depan pendidikannya. Selain perguruan tinggi (PT) dalam negeri, tidak lama lagi akan ada PT impor dari negeri Raja Charles III, Lancaster University.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menyebut Pemprov Jabar saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan pemerintah Inggris dalam sektor pendidikan tinggi dengan menghadirkan universitas Inggris di Jabar.

Dalam keterangan resminya ia mengatakan direncanakan dalam kerja sama tersebut akan lahir sebuah universitas di Jabar dengan semua kurikulum pendidikannya sama dengan Universitas Lancaster di Inggris.

“Ini dalam rangka persiapan Jawa Barat menyiapkan sumber daya manusia yang siap dengan persaingan global menuju 2045,” kata Ridwan Kamil, dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

“Nama universitasnya kalau dari Inggris Lancaster join program dengan Universitas Deakin di Australia,” sambung Emil.

Pada hari tersebut, Emil membicarakan skema kerja sama itu dalam pertemuan dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins di Hotel Pullman Kota Bandung.

Emil berharap universitas kerja sama dengan negara lain tersebut disambut dengan baik masyarakat Jabar. Apalagi, klaim dia, tujuannya sangat jelas dan tepat sasaran yaitu untuk menghasilkan SDM yang memiliki wawasan global.

Sementara itu, Owen Jenkins menyampaikan Pemerintah Inggris menyambut baik kolaborasi dengan Pemprov Jabar, khususnya di dunia pendidikan.

“Pemerintah Inggris sangat mengapresiasi kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, seperti yang sudah disebut pak gubernur, ada beberapa kerja sama antara Inggris-Jawa Barat. Inggris sangat fokus kepada pendidikan dengan menghadirkan pendidikan kelas dunia,” tutur Owen.

Dia menjelaskan, perguruan tinggi terbaik yang dimaksud ialah Universitas Lancaster. Dalam beberapa tahun ke depan akan hadir di Kota Bandung guna menciptakan SDM yang berkualitas, bekerja sama dengan Universitas Daekin, Australia.

“Kini Lancaster University sedang mengatur program joint campus bersama Deakin University dari Australia di Jawa Barat,” kata Owen.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer