32 C
Sukabumi
Senin, Juni 24, 2024

Hamas Gencatan Senjata di Gaza, Hizbullah Tetap Gempur Israel dari Lebanon

sukabumiheadline.com l Milisi perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan...

Persib Pernah Rugi Rp18 Miliar, Glenn Sugita Bos Maung Bandung Berharta Rp29 Triliun

sukabumiheadline.com - Perjalanan Persib Bandung yang menjelma...

Dengan DNA 250 CC, Kawasaki Ninja Matic 160 Bakal Obrak Abrik Dominasi NMax dan PCX

sukabumiheadline.com l Pasar otomotif Indonesia kembali dihebohkan...

Warga Sukabumi, Ternyata Ratu Pantai Selatan Sudah Diulas Dalam AlQuran dan Hadits

Gaya hidupWarga Sukabumi, Ternyata Ratu Pantai Selatan Sudah Diulas Dalam AlQuran dan Hadits

sukabumiheadline.com l Warga Sukabumi, Jawa Barat, khususnya yang tinggal di daerah pesisir Selatan tentu sangat familiar dengan nama Nyi Roro Kidul atau lazim disebut Ratu Pantai Selatan.

Meskipun mitos keberadaannya masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Namun, banyak pula yang menganggap hal tersebut benar adanya.

Karenanya, tidak mengherankan jika setiap terjadi kecelakaan di laut yang menelan korban jiwa, selalu dikaitkan dengan sosok Nyi Roro Kidul, meskipun dapat dijelaskan secara ilmiah.

Dalam Ahlussunnah dan mayoritas Muslim sepakat bahwa jin memanglah ada.

Berbeda dengan pemikiran liberal yang tidak mengakui adanya jin. Menurut mereka jin bukan makhluk konkrit, namun kekuatan jiwa yang buruk.

Namun demikian, ternyata sososk Nyi Roro Kidul, walaupun tidak eksplisit disebut namanya, ternyata ada dalam AlQuran. Selain itu, sosoknya juga pernah disinggung Rasulullah SAW.

Allah SWT berfirman: “Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oelh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, menanggalkan pakaiannya dari keduanya untuk memperlihatkan aurat tubuhnya.”

Sesungguhnya iblis dan para pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya, kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang tidak beriman,” (QS Al A’raf;27).

Kemudian, dalam AlQuran, Surat Al Hijr Ayat 26-27 yang berbunyi: “Dan sesungguhnya Kami menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.”

Dikutip sukabumiheadline.com dari video di kanal Youtube Info Sesepuh menjelaskan terkait sosok Nyi Roro Kidul bahkan ada di dalam AlQuran.

Sosok Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai penguasa Pantai Selatan Jawa. Berdasarkan kisah yang beredar, Nyi Roro Kidul adalah putri raja yang berparas cantik jelita. Tetapi karena dia seorang yang dengki, konon dirinya diguna-guna oleh dukun.

Sehingga wajah cantiknya penuh penyakit kudis. Sehingga kemudian ia memilih meninggalkan rumah untuk pergi ke laut Selatan.

Namun, keajaiban terjadi ketika dirinya menyentuh air laut, dirinya sembuh dan akhirnya menjadi sosok Nyi Roro Kidul.

Sedangkan di dalam Islam, Nyi Roro Kidul termasuk golongan jin atau raja jin yang menguasai lautan.

Dalam hadits diriwayatkan Ibnu Sayyad pernah ditanya:” Apa yang kamu lihat? Saya melihat singgasana di atas lautan yang dikelilingi beberapa ular,” kata Ibnu Sayyad.

Rasulullah SAW bersabda:” Dia telah melihat singgasana iblis,” (HR. Ahmad)

Dengan demikian, bahwa singgasana jin (iblis) di lautan memanglah ada. Seperti ditulis Ibnu Katsir dalam kitabnya Bidayah Wa Nihaya menerangkan bahwa iblis memiliki banyak tentara dan memiliki istana di lautan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer