19.8 C
Sukabumi
Selasa, Juli 23, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Waspada Warga Sukabumi, Jabar dan 6 Provinsi Ini Terancam Tsunami Setinggi 34 Meter

NasionalWaspada Warga Sukabumi, Jabar dan 6 Provinsi Ini Terancam Tsunami Setinggi 34 Meter

SUKABUMIHEADLINE.com l Warga di pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, wajib selalu waspada. Setidaknya ada 7 provinsi yang sudah diprediksi akan diterpa musibah bencana Alam berupa gempa bumi dan tsunami.

Karenanya, dari 7 provinsi tersebut, ada beberapa kabupaten tertentu yang harus antisipasi bahaya yang tidak diketahui kapan akan terjadi.

Terlepas apakah prediksi gempa bumi dan tsunami ini akan benar-benar terjadi atau tidak, harus tetap waspada dan mempersiapkan kemungkinan terburuk.

Namun, tentunya kita semua berdoa agar bencana ini tidak pernah terjadi, atau walaupun harus terjadi semoga terlindungi.

Seperti dikutip sukabumiheadline.com dari channel YouTube Angka dan Data Channel, berikut ini 7 provinsi yang menurut BMKG atau para ahli berpotensi didera gempa bumi dan tsunami.

1. Sumatera Barat

Tsunami yang kemungkinan menempa Sumatera Barat tepat di daerah pesisir. Tinggi tsunami diperkirakan dapat mencapai 34 meter.

Hal ini berdasarkan segmentasi megathrust yang menyatakan bahwa bagian barat sumatra terdapat 6 segmen, salah satunya adalah Sumatra Barat.

2. Bengkulu

Tinggi tsunami yang bisa menimpa Bengkulu berkisaran 34 meter, tepatnya di daerah pesisir Bengkulu. Hal ini sebagaimana di Sumatera Barat.

3. Lampung

Provinsi lampung sangat berpotensi terkena tsunami raksasa seperti halnya wilayah Sumatera Barat dan Bengkulu yang mencapai 34 meter.

Hal ini disebabkan pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda.

4. Banten

Bagian selatan dan barat pesisir banten diprediksi akan dilanda bencana tsunami raksasa hingga mencapai 34 meter.

Banten menjadi salah satu wilayah Jawa yang berpotensi diterpa tsunami melebihi Aceh. Adapun kabupaten paling rawan yaitu Lebak, Pandeglang, Serang, dan kota Cilegon.

5. Jawa Tengah

BMKG Sudah memprediksi Provinsi Jawa Tengah sebagai wilayah yang berpotensi terkena Tsunami, khususnya wilayah bagian pantai selatan.

Kabupaten Cilacap merupakan daerah yang bertemu langsung dengan zona lempeng antara Samudra Hindia dan Eurasia, demikian menurut kepala BMKG.

6. Jawa Timur

Tsunami diprediksi akan menerpa wilayah Jawa Timur bagian selatan. Kabupaten yang diprediksi terancam adalah Pacitan.

Kepala BMKG telah mengingatkan bupati Pacitan untuk siap menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, baik gempa atau tsunami.

Besaran Tsunami yang bisa menimpa Pacitan yaitu sekitar 28 meter karena pertemuan lempeng Indo-Australia dengan Eurasia.

7. Jawa Barat

Sebagaimana Banten, wilayah Jawa Barat juga diprediksi akan diterpa tsunami melebihi ketinggian tsunami Aceh, yaitu setinggi 34 meter.

Sementara di Jawa Barat, ada 5 kabupaten yang rawan diterpa tsunami, yaitu kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer