21.4 C
Sukabumi
Sabtu, April 13, 2024

Blueberry, sniper cantik Rusia pembantai tentara Ukraina

sukabumiheadline.com - Sosok Blueberry sangat misterius. Namun,...

Soal tangan buruh wanita asal Bojonggenteng Sukabumi putus, Latas: Disnaker harus proaktif

sukabumiheadline.com - Paskakecelakaan kerja yang terjadi di...

Ada rival Persib Bandung, 5 klub Indonesia dihukum FIFA

OlahragaAda rival Persib Bandung, 5 klub Indonesia dihukum FIFA

sukabumiheadline.com – Sebanyak lima klub asal Indonesia masuk dalam daftar hukuman FIFA bersama dengan sederet klub-klub luar negeri, baik dari Malaysia, Arab Saudi, Argentina, hingga Italia.

Dalam data yang dimiliki FIFA, dan dirilis pada Januari 2024, berisi klub-kllub yang menjalani larangan mendaftarkan pemain baru.

Lima klub Indonesia yang masuk dalam registration bans adalah Persiwa Wamena, Persija Jakarta, Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, dan Sada Sumut FC.

Dalam daftar registration bans yang dikeluarkan FIFA tersebut mayoritas klub mulai dikenakan hukuman pada tahun ini, kecuali Persiwa yang sudah dikenakan registration ban sejak 12 Mei 2022.

Awal registration ban bagi Persija dan Persiraja dimulai pada 26 Januari 2024. Sementara Persikab dan Sada Sumut pada 26 Februari 2024.

Lama durasi hukuman juga berbeda-beda. Persija, Persikab, Persiraja, dan Sada Sumut dikenakan hukuman registration ban dalam tiga periode pendaftaran. Sedangkan khusus bagi Persiwa akan dijatuhi hukuman sampai FIFA mencabutnya.

Dilansir dari AP, hukuman tersebut biasanya memang berlaku untuk dua atau tiga kali bursa transfer setelah klub melanggar peraturan transfer atau memiliki utang transfer yang belum dibayar ke klub lain.

Dalam beberapa kasus, larangan bisa dicabut jika klub bersangkutan melunasi utang seperti yang dilakukan klub Al Nassr dalam kaitannya dengan Leicester City.

Klub yang terkena registration ban masih bisa merekrut pemain baru, meskipun dilarang menurunkannya dalam pertandingan lantaran tak dapat didaftarkan ke federasi nasional tempat klub bernaung.

Hukuman juga biasanya dibekukan jika klub melakukan proses banding dan baru akan berlaku sampai pengajuan banding selesai.

“Tujuan utama dari alat baru ini adalah untuk memberikan para pemangku kepentingan, termasuk pemain dan klub, serta masyarakat umum, mendapat gambaran umum tentang semua klub yang saat ini dilarang mendaftarkan pemain baru,” papar pernyataan FIFA.

Terdapat ratusan klub yang masuk dalam daftar registration bans FIFA, antara lain adalah Chievo Verona (Italia), Independiente (Argentina), Al Ain (Arab Saudi), Kelantan FC (Malaysia), dan Kuala Lumpur City FC (Malaysia).

Sementara dalam beberapa waktu yang lalu beberapa klub tenar seperti Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Chelsea pernah tersandung kasus larangan pendaftaran pemain atau registration ban.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer