25.2 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Bikers Sukabumi Wajib Tahu, Ini Daftar Motor yang Dilarang Beli Pertalite

EkonomiBikers Sukabumi Wajib Tahu, Ini Daftar Motor yang Dilarang Beli Pertalite

sukkabumiheadline.com l Bikers Sukabumi, Jawa Barat, wajib tahu bahwa tidak semua sepeda motor bersahabat dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

Meskipun Premium atau Pertalite dari SPBU Pertamina memang menjadi andalan bagi para pengendara motor karena harganya yang murah, namun yang perlu diketahui, ada motor-motor yang tidak direkomendasi untuk menggunakan bensin Premium dan Pertalite.

Dan dalam memilih penggunaan bensin bisa diketahui dari spesifikasi motor yang digunakan. Karena spek teknis paling berpengaruh, yaitu rasio kompresi dari mesin motor.

Saat membeli sebuah unit motor baru, biasanya diberikan brosur yang di dalamnya tertera spesifikasi dari motor yang dibeli. Nah, yang mengatur jenis bensin yang digunakan adalah rasio kompresi yang tertera di dalam brosur itu.

Angka itu yang menentukan jenis bensn yang seharusnya digunakan, mulai dari Premium, Pertalite, Pertamax atau bensin selain dari Pertamina.

Selain dari brosur, pemilik motor juga bisa mengetahui rasio kompresi dari website Agen Pemegang Merek (APM). Daripada bingung, simak berikut rekomendasi bensin Pertamina.

Bikers Sukabumi Wajib Tahu, Ini Daftar Motor yang Dilarang Beli Pertalite
Daftar Motor yang Dilarang Beli Pertalite. l Istimewa

Tabel ini berdasarkan acuan rasio kompresi masing-masing mesin motor dan dilengkapi dengan jenis bahan bakar yang dijual Pertamina. Rasio kompresi dari masing-masing merek dan tipe motor pemakaian bensinnya berbeda, Premium, Pertalite atau Pertamax.

Untuk motor berkompresi tinggi yang masih memakai bensin oktan rendah berakibat mesin ngelitik, penumpukan kerak di ruang bakar dan harus sering servis.

Dan jadi catatan, bahwa motor injeksi yang masih diproduksi oleh APM motor semua minimal harus diisi Pertalite. Konsumsi bensin jenis Premium hanya diperuntukkan buat motor yang diproduksi di bawah tahun 2000.

Misalnya seperti pada motor lawas bisa jadi contoh yang masih bisa diisi bensin Premium. Mulai dari Honda C70, Yamaha RX-Z, atau motor lawas lainnya.

Nah, agar enggak penasaran, simak daftar bensin yang cocok dengan tipe motor baru sesuai rasio kompresi.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer