20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

Deretan Jenderal TNI asal Sukabumi, Jabatannya Tak Main-main

LIPSUSDeretan Jenderal TNI asal Sukabumi, Jabatannya Tak Main-main

sukabumiheadline.com l Sukabumi merupakan wilayah di Jawa Barat yang memiliki sejumlah tokoh dari berbagai bidang. Dari mulai artis hingga pejabat sipil dan militer.

Dari kalangan militer, ada empat putra terbaik yang berhasil mencatatkan namanya hingga di puncak, jenderal TNI. Berikut adalah daftar empat jenderal TNI yang berasal dari Sukabumi.

1. R. Ampi Tanudjiwa

Di posisi pertama, ada Mayor Jenderal TNI (Purn) Raden Ampi Nurkamal Tanudjiwa. Pria kelahiran 21 April 1948 di Sukabumi ini merupakan purnawirawan perwira tinggi militer dan politikus.

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (1998-2000).

Setelah itu, ia menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Fraksi TNI/Polri hingga pensiun pada 2003. Ampi ikut pencalonan gubernur Banten pada 2006, namun kalah. Pada 2013-2014, ia bergabung dengan Partai NasDem.

2. Yusuf Kartanegara

Kemudian, Letnan Jenderal TNI (Purn) M Yusuf Kartanegara. Seorang tokoh militer yang lahir di Sukabumi pada 11 November 1963. Ia lulusan Akademi Militer Nasional 1966 dan pernah menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro (1995), Asintel Kasum ABRI (1995), dan Irjen Dephankam sebelum pensiun dari TNI AD.

Selanjutnya, ia diangkat sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (1999-2003). Sejak 19 Januari 2015 hingga 20 Oktober 2019, Yusuf Kartanegara merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

3. Djaja Suparman

Selanjutnya di posisi ketiga, Letnan Jenderal TNI (Purn) Djaja Suparman merupakan mantan perwira tinggi militer TNI Angkatan Darat yang lahir di Sukabumi pada 11 Desember 1949.

Dalam riwayat kariernya di TNI AD, Djaja Suparman pernah menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), meskipun hanya kurang lebih 4 bulan, sejak 24 November 1999 hingga 29 Maret 2000.

Fakta menarik darinya, Djaja merupakan orang pertama dari Suku Sunda yang menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya (1997-1998). Djaja tersandung kasus korupsi saat menjabat Pangdam Brawijaya dan divonis 4 tahun penjara oleh Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya.

Baca Juga:

Akhir Karier Djaja Suparman, Warga Sukabumi Pertama yang Jadi Pangkostrad

Jenderal TNI asal Sukabumi: Ada Drama yang Menginginkan Saya Dipenjara di Lapas Umum

Pengamat Militer dan Intelijen Connie Bakrie Menikah dengan Pria Sukabumi dan Punya Tiga Anak

4. Syaepul Mukti Ginanjar

Dan keempat, perwira tinggi yang masih aktif dan sejak 29 Juli 2022 berhasil meraih pangkat bintang satu, yakni Brigadir Jenderal TNI Syaepul Mukti Ginanjar menempati posisi Kepala Kelompok Staf Ahli Panglima Kodam XVI/Pattimura.

Perwira tinggi TNI kelahiran Sukabumi 29 April 1973 ini lulus dari Akademi Militer tahun 1994 dan meraih Tri Sakti Wiratama, yakni penghargaan untuk prestasi tertinggi gabungan mental, fisik, dan kecerdasan intelektual.

Syaepul pernah menjabat sebagai Danpusdik Arhanud Kodiklatad (2019) dan Paban VII/RB Srenad (2020), sebelum menjadi Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer