22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Jadwal, Rute dan Tarif DAMRI Sagaranten, Tegalbuleud, Surade dan Palabuhanratu

sukabumiheadline.com l DAMRI terus memperkuat konektivitas dengan...

Ponpes Azzainiyyah, Santri Belajar Ilmu Agama di Kawasan Wisata Alam Sukabumi

KhazanahPonpes Azzainiyyah, Santri Belajar Ilmu Agama di Kawasan Wisata Alam Sukabumi

sukabumiheadline.com l Menurut data dari Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Sukabumi, sedikitnya ada 1.000 pondok pesantren (ponpes) di kabupaten terluas di Provinsi Jawa Barat itu.

Keseribu ponpes tersebut, setiap pengelola tentunya saling berlomba dalam kebajikan dengan memberikan kekhasan masing-masing pada ponpes mereka. Dari mulai fasilitas yang semakin modern hingga keunggulan di bidang pendidikan keagamaan dan atau umum, sebagai keunggulan sekaligus kekhasan sebagai pemikat.

Salah satu ponpes yang terus meningkatkan kualitas pendidikannya, adalah Ponpes Azzainiyyah yang didirikan oleh KH. Zezen Zainal Abidin Zayadi Bazul Asyhab (Alm) sejak 4 Febuari 1978 silam.

Sejak awal didirikan, santri di ponpes tersebut terdiri dari bocah-bocah kampung setempat yang dijuluki sebagai “Pasukan Semut”.

Seiring waktu berjalan, Ponpes Azzainiyyah terus berkembang dan santrinya pun datang dari berbagai daerah.

Saat ini, sepeninggal KH. Zezen Zainal Abidin, Azzainiyyah yang saat ini dikelola oleh puteranya, yaitu KH. Aang Abdullah Zein itu, sudah memiliki 150 santri dan santriwati salafi, dan lebih dari 800 pelajar umum.

Tidak hanya itu, di Ponpes Azzainiyyah ini juga rutin diadakan pengajian bulanan yang biasanya di ikuti oleh lebih dari lima ribu mustami yang merupakan Jamaah Thoriqoh tetap dari berbagai daerah.

Santri dan ribuan Jamaah Thoriqoh di Ponpes Azzainiyyah Sukabumi. l Istimewa

Unit Pendidikan di Ponpes Azzainiyyah

Selain santri salafi, di ponpes yang berdiri di atas lahan seluas tujuh hektar ini juga berdiri banyak bangunan untuk pendidikan formal. Dari mulai RA, MI, MTs/SMP, SMA/SMK, Tahfidzul Quran, dan Madrasah Diniyah atau MD.

Lembaga pendidikan formal tersebut juga diperkuat dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti Tahfidzul Al-Quran, seni membaca AlQuran, kajian Kitab Kuning, marawis, dan Hadrah.

Selain itu, ada marching band, pidato Pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, dan jurnalistik.

Selain pendidikan kerohanian, di sini juga diadakan kegiatan ekstrakurikuler berupa olah raga, seperti sepakbola, silat, bola basket, bola voli, bulutangkis, dan tenis meja.

Untuk membekali para santrinya dengan penguasaan bisnis dan teknologi, diadakan keterampilan rekayasa perangkat lunak (komputer) dan teknik kendaraan ringan, dan akuntansi.

Suasana malam Ponpes Azzainiyyah Sukabumi. l Istimewa

Fasilitas Pendidikan di Ponpes Azzainiyyah

Ponpes Azzainiyyah memiliki 5 hektar bangunan dari total 7 ribu lahan di mana ponpes tersebut berdiri.

Selain berupa fasilitas umum dan sosial, sebagian besar bangunan merupakan fasilitas pendidikan, seperti 50 Lokal ruang belajar, 4 asrama Putra, 3 asrama putrieL, perumahan asatidz, Ulustadzah dan karyawan, serta masjid.

Kemudian bangunan kantor, laboratorium IPA, 5 unit laboratorium komputer, aula, bengkel, dan sejumlah Saranan olah raga.

Pemandangan menawan di sekitar Ponpes Azzainiyyah Sukabumi. l Istimewa

Bagi Anda yang berminat menyekolahkan putra-putrinya, bisa datang langsung ke Ponpes Azzainiyyah di Kampung Nagrog Sinar Barokah, Jl. Pondok Halimun Salabintana, Desa Perbawati, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ponpes ini berdiri di kawasan yang memiliki pemandangan alam yang memesona, kawasan Selabintana. Sehingga, akan memberikan suasana nyaman untuk putra-putri Anda saat belajar.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer