25.2 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Produsen Duda dan Janda, Ini 5 Provinsi dengan Tingkat Perceraian Tertinggi

NasionalProdusen Duda dan Janda, Ini 5 Provinsi dengan Tingkat Perceraian Tertinggi

sukabumiheadline.com l Janda merupakan julukan bagi wanita yang ditinggal oleh suami, entah karena bercerai ataupun meninggal dunia. Dari dua faktor tersebut, kasus perceraian ternyata cukup signifikan dalam menjadikan wanita seorang janda.

Setiap pasangan suami istri tentu menginginkan rumah tangga yang langgeng sampai maut memisahkan. Sayang, mempertahankan pernikahan bagi beberapa pasangan sangatlah sulit, hingga tak jarang berujung pada perceraian.

Beberapa provinsi di Indonesia memiliki angka perceraian tinggi, tentunya hal itu juga membuat jumlah wanita berstatus janda juga meningkat.

Dikarenakan tingginya kasus perceraian di suatu daerah, banyak wanita serta pria muda harus menyandang status janda dan duda. Berikut 5 provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah janda terbanyak.

5. DKI Jakarta

Pada tahun 2021, angka perceraian di Provinsi DKI Jakarta mencapai 16.017 kasus. Faktor yang menjadikan banyaknya perceraian adalah adanya perselisihan dan pertengkaran. Sementara itu, untuk faktor ekonomi menduduki 2.382 kasus faktor perceraian.

4. Sumatera Utara

Jumlah kasus perceraian di Sumatera Utara mencapai angka 17 ribu lebih. Sebanyak 13 ribu kasus di antaranya adalah cerai gugat, dan sisanya adalah cerai talak.

Di Pengadilan Agama Medan sendiri, ada sekitar tiga ribu lebih kasus perceraian yang masuk, 2,7 ribu di antaranya sudah putusan cerai.

Angka tersebut kemudian disusul oleh Pengadilan Lubuk Pakam, di mana ada sebanyak 2,8 ribu kasus perceraian yang tercatat. Hampir setengah dari total kasus tersebut sudah putusan cerai.

3. Jawa Tengah


Beberapa kota di Provinsi Jawa Tengah juga menyumbang angka populasi janda. Secara keseluruhan, jumlah janda di Jawa Tengah pada 2021 naik menjadi 75 ribu orang, di mana pada tahun sebelumnya berada di angka 72 ribu.

2. Jawa Timur

Total angka perceraian di Jawa Timur sebanyak 88 ribu. Surabaya adalah salah satu kota di Jawa Timur yang paling banyak melahirkan perempuan dengan status janda.

Jumlah perceraian di Surabaya dari Januari hingga November 2021, ada lima ribu lebih kasus perceraian tercatat di Pengadilan Agama Surabaya. Sebanyak empat ribu lebih di antaranya adalah gugatan yang dilayangkan oleh pihak istri. Sementara sisanya adalah perceraian karena talak.

1. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat menduduki provinsi dengan jumlah janda muda terbanyak di Indonesia. Angka perceraian di Provinsi ini mencapai 98.000 kasus, dengan 2,19 presentasi secara normal.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer