32 C
Sukabumi
Senin, Juni 24, 2024

Hamas Gencatan Senjata di Gaza, Hizbullah Tetap Gempur Israel dari Lebanon

sukabumiheadline.com l Milisi perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan...

Persib Pernah Rugi Rp18 Miliar, Glenn Sugita Bos Maung Bandung Berharta Rp29 Triliun

sukabumiheadline.com - Perjalanan Persib Bandung yang menjelma...

Juara Liga 1, Persib Bandung wakil Indonesia di kompetisi Asia

sukabumiheadline.com - AFC Champions League Two adalah...

Rute, HTM dan Tips Wisata Pohon Pinus yang Instagramable hingga Rafting Bukit Baros Sukabumi

Gaya hidupRute, HTM dan Tips Wisata Pohon Pinus yang Instagramable hingga Rafting Bukit Baros Sukabumi

sukabumiheadline.com l Potensi wisata alam di Sukabumi, Jawa Barat tak kalah indah dan menarik, lho. Salah satunya, wisata Bukit Baros.

Bukit Baros memiliki berbagai daya tarik yang luar biasa. Ditambah kita bisa melakukan banyak aktivitas wisata hanya di satu tempat. Jika berencana liburan ke Sukabumi, simak dulu informasi Bukit Baros berikut ini.

1. Lokasi, Jam Buka dan HTM dan Paket Rombongan 

Bukit Baros terletak di Kampung Cihuis, Sasagaran, Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata ini dibuka Senin hingga Ahad mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Memasuki objek wisata satu ini dipungut biaya tiket Rp30 ribu.

Ada harga paket rombongan jika ingin mengunjungi pabrik keju. Sebab, masuk ke pabrik keju tidak bisa perorangan. Jadi, harus memilih paket rombongan dengan minimal 25 orang. Tarif paketnya mulai dari Rp170 ribu-Rp200 ribu per orang.

Dengan biaya tersebut, pengunjung akan mendapatkan welcome drink, makan siang, presentasi pembuatan keju, kuis berhadiah produk keju, mini goodie bag, demo pembuatan keju mozzarella, demo pembuatan teh dan kopi, demo pembuatan finger mozzarella, demo pembuatan pizza, dan fun game.

2. Rute Menuju Bukit Baros

Rute menuju Wisata Bukit Baros sangat mudah dituju, karena lokasinya cukup dekat dengan Alun-alun Sukabumi. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 30-60 menit.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi dari Jakarta, ambil Jalur Tol Jagorawi dan Jalur Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi. Arahkan kendaraan menuju Jalan Alun-alun Utara, lalu lanjutkan perjalanan menuju bundaran, lurus terus ke Jalan R.E. Martadinata.

Setelah itu, arahkan menuju Jalan Otto Iskandardinata-Jalan RH. Didi Sukardi-Jalan Lingkar Selatan-Jalan Limusnunggal-Jalan Garuda-Jalan Cibuntu Cimuncang-Jalan Cikawung- Jalan Bukit Baros Cempaka-Bukit Baros.

3. Daya Tarik Bukit Baros

Bukit Baros memiliki berbagai daya tarik, salah satunya deretan pohon pinus yang membuat suasananya sejuk. Berada di lahan seluas 28 hektare, udara di sana begitu segar.

Ditambah ada beberapa spot foto yang membuatnya terlihat menarik, seperti lambang hati, bangunan kastil, dan payung warna-warni. Terdapat pula area berkemah yang luas.

Wisata hutan pinus di Bukit Baros. l Istimewa
Wisata hutan pinus di Bukit Baros. l Istimewa

Bisa disediakan untuk lembaga formal maupun non-formal, lho. Di sekitar Bukit Baros juga ada Sungai Pelangi yang memiliki bebatuan warna-warni, sehingga tampak eye catching.

Bukit Baros juga memiliki area kolam renang. Meski gak begitu besar, tetapi air kolam di sana ramah anak. Beberapa fasilitas seperti seluncuran juga tersedia, sehingga anak-anak merasa lebih nyaman liburan di sana.

Gak hanya itu, di Bukit Baros kamu bisa melakukan one day trip ke pabrik keju ala Gouda, Belanda. Kamu bisa belajar tentang cara membuat keju dan mencicipi keju yang sudah jadi. Menarik banget, kan?

4. Aktivitas Seru

Kegiatan piknik di bawah pohon pinus bisa menjadi pilihan aktivitas wisata yang seru. Jadi, kamu bisa memanfaatkan waktu liburan untuk quality time bersama keluarga atau teman-teman.

Ciri khas Bukit Baros berupa daerah pegunungan. Maka dari itu, ada perkebunan teh dan kopi yang sangat luas. Kamu bisa santai menikmati pemandangan di sekitarnya, atau berfoto di sela-sela tanaman teh.

Kamu juga bisa melihat area peternakan sapi secara langsung. Bahkan, bisa menyaksikan proses memerah susu sapi segar.

Fasilitas yang ada di Bukit Baros pun cukup lengkap, mulai dari toilet, gazebo, area outbond, area kemah, spot foto, parkir yang luas, area bermain anak, kolam renang, hingga penginapan.

5. Tips ke Bukit Baros

Supaya liburanmu di Bukit Baros tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Membawa pakaian ganti jika pengin berenang atau menginap di Bukit Baros.
Membawa perlengkapan kemah pribadi.
Jangan membuang sampah sembarangan.

Karena aktivitas banyak di outdoor, sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman.

Harap dipantau jika liburan bersama anak-anak.

Hindari datang saat musim hujan, karena tanah becek dan licin.

Itu dia informasi wisata Bukit Baros di Sukabumi, Jawa Barat, yang bisa kamu pahami. Bisa jadi referensi untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer