30.9 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Usaha haram jual 15 ribu butir obat saat Ramadhan, pemuda Tipar Sukabumi Lebaran di tahanan

sukabumiheadline.com - Seorang pemuda diamankan polisi karena...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Motor Matic Retro Penjegal Yamaha Grand Filano dan Honda Stylo, Harga Rp17 Juta

sukabumiheadline.com - Kehadiran motor Jialing Bugatti 125,...

Dari satu arah hingga contra flow, skenario Dishub atasi kemacetan Lebaran 2024 di Sukabumi

SukabumiDari satu arah hingga contra flow, skenario Dishub atasi kemacetan Lebaran 2024 di Sukabumi

sukabumiheadline.com – Menjelang musim mudik dan libur Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengklaim sudah menyiapkan antisipasi untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi.

Seperti diketahui, setiap musim libur Lebaran, puluhan ribu kendaraan dari luar kota memasuki wilayah Sukabumi. Sebagian besar kendaraan tersebut menuju kawasan wisata pantai di selatan Sukabumi.

Terlebih, kehadiran Jalan Tol Bocimi Seksi 2, dengan exit toll di Parungkuda, semakin memudahkan warga Jakarta dan sekitarnya mengunjungi sejumlah kawasan wisata yang ada di Sukabumi.

Dishub sejauh ini sudah melakukan persiapan menyambut pemudik di masa lebaran Idul Fitri.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama masa arus mudik 2024, Dishub Jabar membuat rencana skenario kebijakan manajemen lalu lintas di jalan tol. Skenario yang disiapkan yaitu:

  • Sistem satu arah
  • Ganjil genap
  • Contra flow
  • Manajemen rest area
  • Optimalisasi gardu gerbang tol dan mobile reader
  • Percepatan penanganan petugas jalan tol saat terjadi gangguan
  • Pembatasan pengoperasian mobil barang pada hari dan jam tertentu.

Sementara, menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, progres pembangunan Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat yang digadang-gadang akan diresmikan usai Lebaran, tahap konstruksinya masih masih berjalan.

Sebelumnya, aktivitas pembebasan tanah dan pemberian uang ganti rugi untuk seksi III dihentikan akibat perizinan penetapan lokasi (penlok) yang belum diperbarui sejak habis masa berlaku pada 7 Oktober 2023 lalu. Bey mengatakan izin penlok itu sudah diperpanjang oleh pemerintah. Baca lengkap: Padahal Baru 87%, Pembebasan Lahan untuk Jalan Tol Bocimi Seksi 3 Dihentikan

“Akan dimulai pembangunannya, sudah beres tinggal lelang dan ya secara administrasi sudah beres tinggal lanjut konstruksi. (Izin penlok sudah diperbarui?) sudah lama, sudah beres itu,” kata Bey saat menghadiri Rapat Paripurna HUT ke-11 Kota Sukabumi, Senin (1/4/2024).

Diberitakan sukabumiheadline.com sebelumnya, Menteri PUPR mengklaim Jalan Tol Bocimi Seksi 3 sudah bisa digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini. Baca lengkap: Mudik ke Sukabumi tahun ini bisa lewat Tol Bocimi Seksi 3 sampai Cisaat

Namun faktanya, proses pembangunan dan pembersihan lahan masih dilakukan oleh pihak kontraktor. Baca lengkap: Menteri PUPR klaim mudik Lebaran 2024 Jalan Tol Bocimi Seksi 3 beroperasi, tapi faktanya?

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer