22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Desy Ratnasari, Wanita Sukabumi Akan Berebut Kursi Gubernur Jawa Barat dengan 5 Tokoh Ini

PolitikDesy Ratnasari, Wanita Sukabumi Akan Berebut Kursi Gubernur Jawa Barat dengan 5 Tokoh Ini

sukabumiheadline.com l Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat akan digelar serentak 14 Februari 2024 mendatang. Seperti diketahui, Pemilu 2024 terdiri dari pemilihan legislatif, presiden dan wakil presiden, juga pemilihan kepala daerah.

Sejumlah tokoh dan politikus di Tatar Pasundan pun digadang-gadang akan maju dalam kontestasi lima tahunan itu. Bahkan, sejauh ini sudah ada sedikitnya enam tokoh dari berbagai latar belakang dan partai politik.

Dari Partai Amanat Nasional (PAN), disebut telah menyiapkan sejumlah kadernya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat di 2024. Salah satu nama yang disebut akan diusung adalah Wanita Sukabumi, Desy Ratnasari.

Menanggapi hal tersebut, wanita yang saat ini menjabat Ketua DPW PAN Jawa Barat itu mengaku siap untuk maju dalam kontestasi politik di Pilgub Jawa Barat 2024.

Menurut alumni SMAN 3 Kota Sukabumi itu, penunjukan dirinya merupakan mandat yang diberikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Saya dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional mendapatkan mandat untuk ikut serta di dalam Pilkada,” kata Desy Ratnasari, Kamis (24/8/2023) lalu.

Hanya saja, janda satu anak ini belum bisa memastikan akan diposisikan sebagai calon Gubernur atau wakil Gubernur. Selain itu, ia mengaku belum mengetahui akan berpasangan dengan siapa saat maju dalam Pilgub Jabar di 2024 nanti.

“Dikawinkan politiknya dengan siapa saya serahkan kepada Ketua Umum kami Zulkifli Hasan. Apapun perintah beliau, sebagai kader saya harus siap untuk menjalankan perintah tersebut,” kata dia.

Namun, sepertinya Desy masih harus bersaing di internal dengan sejumlah kader PAN lainnya.

Menurut Sekjen PAN, Eddy Soeparno, partainya memiliki banyak kader potensial untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2024.

Selain Desy Ratnasari, kader PAN lainnya yang menjabat Wali Kota Bogor, Bima Arya, juga digadang-gadang akan meramaikan perebutan kursi Gubernur Jawa Barat.

Eddy menilai, Bima Arya dan Desy Ratnasari merupakan sosok-sosok potensial untuk maju dalam Pilgub Jabar di 2024 nanti.

“Pokoknya untuk Pilgub Jabar PAN alhamdulillah punya stok tokoh yang cukup, yang satu namanya Bima Arya Sugiarto, dia wali kota PAN yang berprestasi. Kemudian, ada Desy Ratnasari. Ini juga tokoh PAN dikenal secara luas di masyarakat Jawa Barat,” kata Eddy.

5 Tokoh Calon Lawan Desy Ratnasari di Pilgub Jawa Barat

Jika PAN kukuh memilih Desy Ratnasari untuk maju, setelah wanita yang kini menjabat anggota DPR RI untuk periode kedua dari Daerah Pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi itu harus menghadapi lima tokoh lainnya di Pilgub Jawa Barat 2024.

Mereka adalah, Ridwan Kamil, seorang politikus Partai Golkar yang juga Gubernur Jawa Barat 2018 – 2023.

Kemudian, dari Partai Gerindra ada Mochamad Iriawan, mantan Ketua Umum PSSI, mantan Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Metro Jaya, serta mantan Pj. Gubernur Jawa Barat.

Masih dari Partai Gerindra, ada sosok yang populer, yakni Dedi Mulyadi.bsaat ini Dedi merupakan politikus Partai Gerindra. Sebelumnya ia menjabat Bupati Purwakarta dan Anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Sementara dua tokoh lainnya, adalah Uu Ruzhanul Ulum, politikus PPP, Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2023, mendampingi Ridwan Kamil.

Selanjutnya, ada mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, yakni aktor Dede Yusuf. Ia saat ini masih menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer