32 C
Sukabumi
Senin, Juni 24, 2024

Hamas Gencatan Senjata di Gaza, Hizbullah Tetap Gempur Israel dari Lebanon

sukabumiheadline.com l Milisi perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan...

Persib Pernah Rugi Rp18 Miliar, Glenn Sugita Bos Maung Bandung Berharta Rp29 Triliun

sukabumiheadline.com - Perjalanan Persib Bandung yang menjelma...

Dengan DNA 250 CC, Kawasaki Ninja Matic 160 Bakal Obrak Abrik Dominasi NMax dan PCX

sukabumiheadline.com l Pasar otomotif Indonesia kembali dihebohkan...

Fira Firliana Yuni, dari Cisaat Sukabumi Raih Medali PON XX Papua

OlahragaFira Firliana Yuni, dari Cisaat Sukabumi Raih Medali PON XX Papua

SUKABUMIHEADLINE.com l Fira Firliana Yuni adalah atlet berprestasi asal Kabupaten Sukabumi. Memilih cabang olah raga (cabor) atletik tidak membuat namanya sepopuler atlet asal Sukabumi lainnya, seperti pesepakbola putri Ria Ristiani atau Hanipa Halimatusyadiah Suandi.

Sebelum mengharumkan Jawa Barat dalam Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua, warga Rambay, Kecamatan Cisaat, ini sukses meraih medali emas Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2018 yang berlangsung di Bogor.

Bersama delapan atlet asal Sukabumi lainnya, Fira turut menyumbang medali untuk sukses yang diraih kontingen Jawa Barat sebagai Juara Umum dalam PON XX Papua. Baca selengkapnya: 8 Atlet Asal Sukabumi Sumbang Medali untuk Jabar di PON Papua 2021

Fira Firliana
Fira Firliana Yuni. l Facebook Fira Firliana

Berikut adalah catatan perjalanan Fira hingga berhasil meraih medali perak dalam pesta olah raga tingkat nasional tersebut.

Kejurnas Atletik 2018

Prestasi Fira memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Jumat (11/5/2018), ia berhasil memecahkan Rekor Nasional (rekornas) kategori remaja (U-18) pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik U-18, U-20, dan Senior di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Kala itu, Fira memecahkan rekornas dari nomor lempar lembing putri. Ia sukses memecahkan rekornas remaja atas nama Siska Agustin yang diciptakan pada 2017 lalu dengan lemparan sejauh 43,89 meter. Lemparan yang dibuat Fira kemarin pada Kejurnas Atletik tersebut lebih jauh 1,92 meter dari rekornas lama.

Lemparan Fira melebihi lemparan dari Rustika Bagariang asal Sumatera Utara yang menghasilkan 39,70 meter dan memperoleh tempat kedua. Sementara posisi ketiga diambil atlet Sulawesi Selatan Agustina Luku yang mampu melempar sejauh 37,90 mter.

Kabid Binpres PB PASI Taufik Yudi Mulyanto mengatakan jika rekornas yang dihasilkan Fira harusnya bisa jadi pemicu daerah lainnya untuk mencatatkan prestasi lebih lagi.

“Ini hasil yang bagus, karena mereka mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan Egi ini baru usai 16 tahun dan saat Popnas (Pekan Olah Raga Pelajar Nasional) masih 60,90 meter lemparannya. Fira juga begitu, hasilnya sangat bagus. Selisihnya dengan rekornas lama hampir mencapai 2 meter,” ujar Taufik.

Dua Atlet U-18 Pecahkan Rekor Nasional
Fira Firliana Yuni. l suara.com

KALPO 2019

Kemudian, pada Kejuaraan Atletik Laskar Pelangi Open (KALPO) 2019, Fira juga sukses meraih medali emas nomor lempar lembing putri.

Pemecah rekornas lempar Lembing U18 tersebut mengaku saat pertandingan terkendala angin kuat. “Anginnya gede banget disini, sama lagi cedera di elbow (sikut), jadi tidak bisa maksimal, secara keseluruhan cukup memuaskan,” ujarnya, dilansir posbelitung.com.

Fira juga mengaku mengikuti KALPO 2019 untuk memenuhi limit nomer lempar lembing PON XX Papua.

PON XX Papua

Bertanding di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Senin (11/10/2021), Pada PON XX Papua 2021, medali emas diraih Atina asal Jawa Tengah dengan lemparan sejauh 51,26 meter yang memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri 50,46 meter yang dicetak dalam Kejurnas 2019.

Sedangkan Fira menyabet medali perak dengan lemparan sejauh 48,70 meter. Dia juga sukses melampaui rekor yang dipegang Ni Ketut Mudiani selama 21 tahun. Sedangkan medali perunggu disabet oleh atlet DKI Jakarta Siti Nazirah Napis setelah membuat lemparan sejauh 47,19 meter.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer