27.6 C
Sukabumi
Sabtu, April 13, 2024

Blueberry, sniper cantik Rusia pembantai tentara Ukraina

sukabumiheadline.com - Sosok Blueberry sangat misterius. Namun,...

Soal tangan buruh wanita asal Bojonggenteng Sukabumi putus, Latas: Disnaker harus proaktif

sukabumiheadline.com - Paskakecelakaan kerja yang terjadi di...

Mengenal Pribadi dan Nasab Maryam binti Imran, Sosok Wanita yang Dimuliakan Allah

KhazanahMengenal Pribadi dan Nasab Maryam binti Imran, Sosok Wanita yang Dimuliakan Allah

sukabumiheadline.com l Maryam binti Imran adalah ibu dari Nabi Isa AS. Ia merupakan satu-satunya perempuan yang namanya diabadikan dalam AlQuran, yakni surah ke-19.

Maryam binti Imran adalah wanita terbaik yang dipilih dan disucikan oleh Allah SWT atas semua perempuan. Ia mampu menjaga kehormatannya, taat, dan membenarkan kalimat-kalimat Allah SWT serta kitab-kitab yang diturunkan kepada para Nabi-Nya.

Karenanya, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Cukup empat wanita yang terbaik dari semua wanita di seluruh dunia di sepanjang masa, yaitu: Maryam binti Imran, Asiyah istri Fir’aun, Khadijah binti Khuwailid, dan Fathimah binti Muhammad.” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Silsilah Maryam binti Imran

Dalam buku Qashash al-Anbiyaa karya Imam Ibnu Katsir, terdapat dua pendapat mengenai nama lengkap atau silsilah dari Maryam binti Imran. Dari dua pendapat tersebut menyatakan bahwa Maryam binti Imran adalah keturunan Dawud.

Sosok Imran, adalah pemimpin shalat bani Israil pada zamannya, sedangkan ibunya bernama Hannah binti Faqod bin Qabil bin Abidat.

Para ulama menyebutkan bahwa Hannah adalah seorang wanita yang sudah lama menikah namun tak kunjung hamil.

Hannah yang sangat menginginkan seorang anak akhirnya bernazar kepada Allah SWT, jika ia hamil maka kelak anaknya akan dijadikan pelayan rumah Allah SWT, Baitul Maqdis.

Tidak lama kemudian, ia mengandung Maryam. Ia lalu memberinya nama “Maryam” ketika ia lahir. Maryam lahir pada zaman Nabi Zakaria AS.

Allah SWT mengabulkan doa Hannah yang memohon agar anaknya diberikan perlindungan dari gangguan setan yang terkutuk.

Maryam binti Imran dan Isa bin Maryam adalah orang yang tidak disentuh oleh setan ketika mereka lahir.

Ada riwayat yang menyebut bahwa Nabi SAW pernah bersabda jika seorang bayi yang baru lahir, setan akan menyentuh dan memukul kedua dada bayi tersebut, sehingga membuatnya menangis berteriak.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap manusia yang terlahir pasti akan disentuh oleh setan dengan jarinya, kecuali Maryam binti Imran dan anaknya, Isa.” (HR Ahmad dalam Musnad Ahmad).

Diasih Nabi Zakaria

Allah SWT berfirman yang artinya, “Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria.” (QS Ali Imran: 37).

Ketika Maryam binti Imran lahir, ibunya mengasuh dan menyusuinya hingga cukup usianya untuk diserahkan kepada ahli ibadah di Masjid Baitul Maqdis.

Para ahli ibadah berselisih tentang siapa yang harus mengasuh Maryam binti Imran. Mereka meminta Nabi Zakaria AS–yang saat itu mengambil Maryam untuk mengasuhnya–untuk mengundi siapa yang berhak mengasuhnya.

Undian pun berlangsung. Para ahli ibadah mengumpulkan pena-pena mereka yang ditempatkan pada suatu tempat, lalu mereka menyuruh seorang anak kecil yang belum baligh untuk mengambilnya. Nabi Zakaria AS lah yang memenangi undian tersebut setelah tiga kali percobaan.

Wanita yang Tekun Beribadah

Para ulama tafsir menyatakan bahwa Nabi Zakaria AS memberikan tempat yang sangat terhormat di Masjid Baitul Maqdis untuk Maryam binti Imran, ia tidak memperbolehkan siapa pun masuk ke tempat itu selain Maryam binti Imran.

Di tempat itulah Maryam binti Imran beribadah kepada Allah SWT dan melaksanakan kewajibannya untuk melayani rumah Allah SWT jika gilirannya.

Maryam binti Imran adalah sosok yang sangat tekun beribadah. Ia juga dikenal dengan akhlak yang baik dan sifat-sifat yang suci. Maka dari itulah ia menjadi teladan di kalangan bani Israil dalam beribadah.

Setiap Nabi Zakaria AS menemuinya di tempat ibadahnya, ia menemukan buah-buahan di luar musimnya. Ketika Nabi Zakaria AS bertanya kepada Maryam binti Imran, Maryam pun menjawab bahwa buah-buahan tersebut pemberian Allah SWT.

Saat itulah Nabi Zakaria AS berdoa agar diberikan keturunan yang baik meskipun saat itu usianya sudah tua.

Allah SWT Mengangkat Derajat Maryam binti Imran

Allah SWT mengangkat derajat Maryam binti Imran melalui malaikat-Nya. Allah SWT memilih Maryam binti Imran sebagai ibu dari anak yang akan terlahir tanpa seorang bapak. Maryam binti Imran juga diberi kabar bahwa anak tersebut akan menjadi seorang nabi yang dihormati, Nabi Isa AS.

Maryam binti Imran diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu rajin beribadah dan taat kepada Allah SWT agar ia memenuhi syarat untuk mendapatkan karomah tersebut. Bahkan ketika kakinya terluka, Maryam binti Imran selalu melaksanakan shalat.

Ada sejumlah riwayat yang menyebut tentang keutamaan Maryam binti Imran. Di antaranya dikatakan bahwa Maryam binti Imran adalah wanita terbaik.

Rasulullah SAW bersabda, “Maryam binti Imran adalah wanita terbaik pada zamannya, dan Khadijah binti Khuwailid adalah wanita terbaik pada zamannya.” (HR Ahmad dan lainnya.)

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer