25.7 C
Sukabumi
Jumat, Juni 14, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Paman Anwar Usman langgar etik lagi, MKMK kembali beri sanksi

sukabumiheadline.com - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK)...

Sebut Negara Tangguh Lawan Penjajah, Ukraina Minta Bantuan Indonesia

NasionalSebut Negara Tangguh Lawan Penjajah, Ukraina Minta Bantuan Indonesia

SUKABUMIHEADLINES.com l JAKARTA – Kedutaan Besar Ukraina (Kedubes) Ukraina di Indonesia merilis pernyataan yang meminta dukungan tegas Jakarta untuk negaranya menyusul invasi Rusia yang sudah berlangsung satu pekan.

Ukraina mengatakan, bahwa pihaknya meyakini suara Indonesia yang penuh keyakinan dan ketangguhan dapat terdengar jelas di PBB bahkan pelosok dunia yang jauh.

“Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami,” tulis pernyataan Kedubes Ukraina di Indonesia yang dikonfirmasi Kemenlu RI, Selasa (1/3/2022).

Selain itu, Ukraina mengakui bahwa Indonesia adalah bangsa kuat dan gagah serta pejuang bagi kebenaran dan kebebasan.

Dalam pernyataannya tersebut, Ukraina mengatakan bahwa Indonesia merupakan bagian dari tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara yang bebas dan demokratis.

“Anda adalah pewaris kerajaan-kerajaan besar Majapahit, Pajajaran, Sriwijaya, yang berhasil melumpuhkan para penjajah Mongol yang kala itu tak terkalahkan. Anda adalah penerus memori tentang perjuangan melawan para penjajah demi kemerdekaan dan kebebasan bangsa di abad 19-20,” tulis pernyataan itu.

“Anda adalah bangsa bijak yang mampu menepis rayuan tipuan komunis dan tak tunduk padanya. Anda unik dalam keragaman Anda, Anda bebas pula perkasa. Anda adalah pilar perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.”

Ukraina memvalidasi perasaan rakyat Indonesia bahwa tragedi yang terjadi pada negaranya menyayat hati. Oleh karena itu, Ukraina mendesak Indonesia untuk tidak berdiam diri menyaksikan Federasi Rusia, sang penerus rezim komunis, melakukan tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan di kota-kota dan desa-desa Ukraina.

Dalam perjuangan demi perdamaian dan kebahagiaan, Ukraina harus membayar harga mahal setiap harinya – dengan nyawa putra dan putri, saudara dan saudari, serta anak dan cucunya. Jika perang berkepanjangan dan bahkan Ukraina gugur, Kiev mengatakan, maka sistem keamanan global dan prinsip hidup berdampingan secara damai dan prinsip pembangunan, yang telah dipelihara dengan seksama oleh dunia pasca tragedi Perang Dunia II, yang saat ini sedang coba direbut oleh Rusia dan Vladimir Putin dari genggaman kami dan Anda, juga pasti akan runtuh.

“Para pahlawan kini melihat kita sama seperti dahulu kala – di tahun 1940-an. Kita tidak punya hak untuk tetap membisu. Jika terus begitu, maka kita tidak akan memiliki hari esok. Rakyat Indonesia, dukunglah kami. Merdeka atau mati!”

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer