25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Jadwal, Rute dan Tarif DAMRI Sagaranten, Tegalbuleud, Surade dan Palabuhanratu

sukabumiheadline.com l DAMRI terus memperkuat konektivitas dengan...

5 Fakta Semangka Buah Surga Favorit Nabi SAW Disebut dalam AlQuran, Jadi Simbol Bela Palestina

Konten5 Fakta Semangka Buah Surga Favorit Nabi SAW Disebut dalam AlQuran, Jadi Simbol Bela Palestina

sukabumiheadline.com l Dukungan bagi Palestina terus mengalir di dunia maya. Banyak pengguna media sosial yang menggunakan emoji semangka sebagai bentuk dukungan mereka.

Namun, apa sebenarnya alasan penggunaanya emoji buah semangka dijadikan simbol bela Palestina?

Buah semangka memiliki banyak manfaat, buah semangka tertulis dalam AlQuran dan menjadi kegemaran Nabi Muhammad SAW.

Berikut adalah 5 Fakta buah semangka, dikutip sukabumiheadline.com dari berbagai sumber.

1. Buah Favorit Nabi Muhammad SAW

Kegemaran Nabi Muhammad SAW dengan buah semangka tertulis dalam beberapa hadis. Salah satunya sebagaimana yang dijelaskan oleh sang istri, Aisyah RA.

“Sesungguhnya Nabi SAW makan semangka disertai ruthab (kurma muda),” HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi Nomor 1843).

Dalam kita At-Tadzkirah, Imam Al Qurtubi menuliskan dari Ali Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Ya Ali, rajinlah makan buah semangka karena airnya dari air surga dan rasanya manisnya adalah rasa manis surga,”.

2. Kandungan Gizi Buah Semangka

Semangka merupakan jenis buah Cucurbitaceae atau labu-labuan dan memiliki 750 jenis. Salah satu yang populer adalah semangka yang berwarna merah.

Rasanya manis dan menyegarkan, karena buah semangka mengandung kadar air yang tinggi. Selain itu, buah ini juga punya berbagai nutrisi yang menyehatkan.

Dalam 100 gram semangka terdapat kandungan serat sebanyak 0,4 gram, 112 mg kalium, 0,61 protein, 7,55 gram karbohidrat, dan 91% kandungan air.

3. Manfaat Buah Semangka

Semangka mengandung lycopene, senyawa yang memberi warna merah. Senyawa itulah yang juga berperan sebagai antioksidan untuk mengurasi risiko kanker dan diabetes.

Dilansir dari WEBM (23/09/23) rutin mengonsumsi semangka bisa melindungi kulit agar tetap lembab. Ada kandungan asam amino yang bagus untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, juga terdapat kandungan beta-cryptoxanthin, pigmen yang berperan melindungi persendian di tubuh dari peradangan.

4. Bisa Dapat Pahala

Di kitab tersebut juga dijelaskan bahwa setiap hamba yang makan satu suap buah semangka, maka Allah SWT akan memasukkan ke dalam perutnya 20 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit.

“Dalam satu suap, Allah SWT mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan dan mengangkatnya 1- derajat,”.

Karenanya disebutkan pula bahwa mengonsumsi buah semangka tidak hanya mendapat manfaat kesehatannya saja, tetapi juga akan mendapat pahala dari Allah SWT.

5. Simbol Bela Palestina

Ternyata simbol semangka itu sudah digunakan bertahun-tahun sebelumnya. Pada 1960-an, buah tersebut jadi simbol protes warga Palestina yang dilarang mengibarkan benderanya oleh Israel.

Tahun 1967 terjadi perang enam hari antara Israel dengan negara tetangga yakni Mesir, Suriah, dan Yordania. Larangan pengibaran bendera dilakukan di perbatasan untuk membatasi nasionalisme Palestina dan Arab.

Dukungan netizen terhadap kemerdekaan Bangsa Palestina. l Istimewa
Dukungan netizen terhadap kemerdekaan Bangsa Palestina. l Istimewa

Saat larangan berlangsung, semangka digunakan saat demonstrasi menentang pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza. Mereka membawa irisan semangka sebagai pengganti bendera Palestina, dikutip dari Yahoo News, Jumat (3/11/2023).

Alasannya karena semangka mewakili warna bendera Palestina. Mulai dari buah berwarna merah, kulitnya yang hijau-putih, dan bintik bijinya berwarna hitam.

Larangan itu terjadi hingga tahun 1993. Pembatasan akhirnya berakhir setelah adanya Perjanjian Oslo.

Pada 2015, emoji semangka ditambahkan pada keyboard dan dijadikan representasi Palestina. Postingan mengenai budaya, olahraga dan politik Palestina menampilkan gambar semangka.

Penggunaannya jauh lebih sering setelah adanya konflik tahun 2021. Emoji semangka terus populer di Palestina sejak saat itu.

Begitu pula di media sosial, dukungan pada Palestina juga diwakilkan dengan emoji semangka. Penggunaannya bisa menggagalkan sensor algoritma atau fitur pemblokiran pengguna yang ada pada sejumlah media sosial.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer