21.8 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Dibekali Cheetah X1, cek spek HP mewah Infinix Note 40 Pro harga terjangkau

saukabumiheadline.com - Infinix Note 40 series menjadi...

Cadangan batu bara melimpah, Sukabumi bakal kalahkan Kutai Kartanegara di Kaltim?

LIPSUSCadangan batu bara melimpah, Sukabumi bakal kalahkan Kutai Kartanegara di Kaltim?

sukabumiheadline.com – Pulau Kalimantan selama ini dikenal sebagai daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia. Tak heran jika sejumlah kabupaten dan kota di pulau tersebut dikenal daerah kaya dan maju, seperti Kutai Kartanegara, di Kalimantan Timur.

Berdasarkan data Minerba One Data Indonesia (MODI), per 26 Juli 2021, realisasi produksi batu bara Indonesia sebesar 328,75 juta ton dengan rincian 96,81 juta ton (realisasi domestik), 161,99 juta ton (realisasi ekspor), dan 52,22 juta ton untuk DMO.

Untuk diketahui, dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya digunakan untuk operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Berita Terkait:

Duh, PLTU Palabuhanratu Sukabumi akan Tutup

Jokowi Putuskan Suntik Mati PLTU Palabuhanratu Sukabumi Tahun Ini

Suntik Mati PLTU Palabuhanratu Sukabumi Butuh Rp25 Triliun, APBN Tak Akan Sanggup

Namun siapa duga, ternyata Jawa Barat juga memiliki potensi untuk menjadi penghasil batu bara dengan jumlah yang banyak pula.

Namum demikian, menurut Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, kandungan bantu bara di perut Tatar Pasundan tidak lebih banyak ketimbang Kalimantan dan Sumatera yang menghasilkan 160 miliar ton batu bara.

Saat ini, cadangan minyak bumi tersedia 606,33 MMSTB atau Million Stock Tank Barrel untuk nasional, berbanding 6.698,69 MMSTB untuk Jawa Barat.

Sedangkan, cadangan gas alam Jawa Barat sebanyak 4,28 TSCF, berbanding cadangan nasional gas alam selain Jawa Barat tersisa 147,05 TSCF.

Dengan kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat serius mempersiapkan langkah pada transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT).

Sukabumi Miliki Cadangan Batu Bara Terbesar di Jawa Barat 

Batu bara diketahui sebagai sumber daya alam berupa batuan organik yang keberadaannya dapat dijadikan sebagai sumber energi.

Indonesia sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah, memiliki miliaran ton stok batu bara yang tersebar di berbagai daerah. Namun, saat ini penggunaan energi berbasis fosil masih jadi andalan. Sementara ketersediaannya di alam sudah semakin menipis.

Kabupaten Sukabumi, menurut data yang sama, memiliki banyak tempat batu bara yang tersebar di segala penjuru hingga wilayah Kota Sukabumi.

Memiliki kontur yang berbukit, Sukabumi memiliki setidaknya 34 tambang berbagai jenis batu bara yang masih aktif hingga sekarang.

Dilansir dari titaninfra.com, cadangan batu bara yang berada di bawah tanah Sukabumi, merupakan jenis terbaik, selain daerah Bogor dan Banten.

Cadangan batu bara di Sukabumi ini tentunya dapat mendukung operasi PLTU Palabuhanratu yang selama ini disuapi batu bara dari Pulau Kalimantan.

Berita Terkait: Batu Bara Kembali Kotori Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Warga: Seperti Sengaja

Daerah dengan Cadangan Batu Bara Terbesar di Jawa Barat

Dari segi cadangan batu bara, Sukabumi memang berada di urutan kedua daerah dengan cadangan batu bara terbesar di Jawa Barat. Adapun di urutan pertama, ada Kabupaten Bogor, dan ketiga adalah Kabupaten Purwakarta.

Bogor di posisi pertama yang memiliki tambang batu bara di Jawa Barat serta telah lama beroperasi. Penghasilan tahunan batu bara di Bogor pun sangat melimpah meskipun tidak sebanyak Kalimantan atau Sumatera. Akan tetapi menjadi yang paling berlimpah di antara daerah di Jawa Barat.

Sementara Purwakarta memiliki banyak tambang batu bara yang dikelola secara profesional oleh beberapa perusahaan. Meskipun tidak sebanyak di Sukabumi, setidaknya terdapat 16 perusahaan tambang di Purwakarta, termasuk tambang batu bara.

Menilik data yang ada, meskipun Sukabumi menjadi salah satu daerah dengan kandungan batu bara terbesar di Jawa Barat, namun sepertinya mustahil mengejar daerah lain di Kalimantan yang memiliki cadangan energi fosil melimpah.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer