25.7 C
Sukabumi
Jumat, Juni 14, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Paman Anwar Usman langgar etik lagi, MKMK kembali beri sanksi

sukabumiheadline.com - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK)...

Coba Deh, Ayam Perez Ijo Baros Sukabumi yang Sambalnya Bikin Ketagihan

Gaya hidupCoba Deh, Ayam Perez Ijo Baros Sukabumi yang Sambalnya Bikin Ketagihan

SUKABUMIHEADLINE.com I BAROS – Bagi masyarakat Indonesia, olahan daging ayam hampir menjadi makanan sehari-hari. Maka tidak heran jika ada banyak menu olahan ayam di Indonesia, dari menu tradisional hingga kuliner kekinian.

Masakan dengan menu utama ayam, hampir kita bisa temui di setiap tempat. Beberapa di antaranya cukup populer di Indonesia, dan banyak menjadi menu favorit masyarakat.

Salah satunya di Sukabumi, terdapat Rumah Makan Ayam Perez yang berlokasi di Jl. Lio Asem, Desa Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, tepatnya belakang Terminal Tipe A, Jl. Lingkar Selatan.

RM Ayam Perez sudah berdiri sejak 2016, rumah makan ini menyediakan berbagai menu olahan daging ayam dengan tambahan sambal pedas.

“Awal membuka usahanya karena suka banget sambal yang saya bikin ternyata disukai banyak orang,” aku Evellyn Vanesha Siahaan, pemilik RM Ayam Perez kepada sukabumiheadline.com. Sabtu (27/11/2021).

Sambal pada menu ayam perez memang terasa beda dibanding sambal-sambal ayam pada umumnya. Tidak heran jika wanita berusia 28 tahun itu, mengaku mencoba berulangkali membuat sambal sebelum dilempar ke pasaran.

“Sampe lelah, akhirnya berhasil juga. Terus memberanikan diri untuk mempunyai usaha kuliner sendiri karena insya Allah usaha kuliner mah gak akan mati,” kata Evellyn.

Harus diakui, pada umumnya, semua menu ayam relatif sama. Sedangkan rasa dan kualitas sambal adalah pembeda paling menentukan dalam semua masakan serba ayam yang menyertakan sambal di dalamnya.

mie pedas
Menu Mie Perez Ijo. l Istimewa

Khusus menu ayam perez ini, selain memiliki rasa ayam yang lezat, sambal hijaunya juga tidak bisa hanya disebut sebagai pelengkap. Rasanya benar-benar ngangenin di lidah.

Tak hanya ayam perez ijo, ada banyak menu disajikan di sini, seperti cumi perez ijo, ayam perez merona, ayam tate (tahu, tempe) sambal perez, indomie perez ijo, dan lainnya.

“Menu andalan di sini atau menu yang bisa dibilang favorit yaitu ayam perez ijo, tapi banyak juga yang memilih menu lainnya,” kata Evellyn.

“Untuk bahan-bahan sambal ijo sama saja seperti sambal ijo pada umumnya, bumbunya juga kita pilih dari bahan-bahan yang fresh. Dari cara masaknya sama rasanya yang membedakan sambal ijo di kita, tapi intinya bikin nagih buat pecinta pedes,” tambahnya.

Harga per porsi menu ayam perez ijo ini tidak akan membuat dompet kering, yakni kisaran Rp15-17 ribu.

Asal Usul Nama Ayam Perez

Pilihan kata perez dipilih Evellyn untuk nama usahanya, adalah plesetan dari Bahasa Sunda, peureus. Atau jika dalam Bahasa Indonesia, perih, atau menggambarkan sesuatu rasa “sangat” pedasnya.

“Saya memilih nama itu karena kan kita di daerah Sunda. Biar unik, saya pilih nama perez atau peureus,” jelasnya.

Ia menambahkan, RM Ayam Perez buka mulai pukul 10.00 sampai 20.00 WIB. Namun, setiap hari Jumat rumah makan ini tutup.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer